Berita Video

VIDEO - Satgas Pangan dan TPID Ikut Awasi Pelaksanaan KPSH

Selain itu, kata Rendy, antara Januari hingga Maret 2019 diprediksi belum ada panen, pedagang pun akan kekurangan pasokan beras dari petani,

VIDEO - Satgas Pangan dan TPID Ikut Awasi Pelaksanaan KPSH
tribunkaltim.co/ sarassani
Pelepasan keberangkatan truk yang mengangkut barang kebutuhan pokok ini menandai Lanching KPSH yang berlangsung di Gudang Bulog Jalan Sultan Abdurrahman Tanah Grogot, Kamis (3/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Sarassani

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Untuk meredam kenaikan harga dan kestabilan kebutuhan pokok di tingkat konsumen, Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Tanah Grogot selaku perpanjangan tangan Bulog di wilayah Kabupaten Paser dan Kabupaten PPU diperintahkan mengamankan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi  Harga (KPSH).

Perintah ini menurut Kepala Kansilog Tanah Grogot Rendy Hidayat, Kamis (3/1/2019), berlaku sejak hari ini dan seterusnya.

“KPSH ini perintah Presiden RI, semua daerah di Indonesia hari ini melaunching KPSH, termasuk Kansilog Tanah Grogot. Kita juga diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan TPID dan Satgas Pangan Kabupaten Paser,” kata Rendy.

Baca: Ketua Relawan Jokowi Naik Pitam Sampai Tuduh Fadli Zon Raja Bohong, Ini Pemicunya!

Baca: 7 Film Hollywood yang Tayang Januari 2019, The Kid Who Would Be King hingga How to Train Your Dragon

Kepada IPDA Yohn Mabel mewakili Ketua Satgas Pangan Paser AKP Rido Doly Kristian, Kasi Pengaduan Penyaluran Logistik pada Disperindagkop&UKM Paser M Marwan Natsir, Kabag Bina Ekonomi III Setda Paser, Rendy lebih lanjut mengatakan bahwa Launching KPSH hari ini ditandai dengan pemberangkatan truk pengangkut barang kebutuhan pokok.

“Truk ini membawa beras, migor, gula dan daging ke Desa Kerang Kecamatan Batu Engau, sampai disana langsung menggelar Operasi Pasar (OP). Berdasarkan pantauan BPS harga beras secara umum mengalami kenaikan, makanya kita diminta melaksanakan KPSH beras medium untuk meredam kemungkinan terjadinya lonjakan harga,” ucapnya.

Baca: Dibantu Warganet, Anjasmara Temukan Identitas Pelaku Penghina Istrinya Dian Nitami

Baca: Kesepakatan Lisan Buyarkan Rencana AC Milan Bentuk Kuartet Impian

Selain itu, kata Rendy, antara Januari hingga Maret 2019 diprediksi belum ada panen, pedagang pun akan kekurangan pasokan beras dari petani, sehingga dapat mempengaruhi ketersediaan beras di masyarakat.

“Distributor dan pedagang beras kita gandeng untuk memastikan ketersediaan beras di masyarakat,” sambungnya.

Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium Rp 9.950/Kg. Terkait pengawasan HET, Rendy mengharapkan dukungan Satgas Pangan Paser dan TPID Pemkab Paser. Jika ada distributor atau pedagang mitra Bulog yang menjual di atas HET, maka bisa dilaporkan agar Kansilog memberikan sanksi berupa pemutusan hubungan kerjasama.

“Kalau melanggar, sanksinya tidak kita percaya lagi sebagai mitra kita. Nanti kita pasang spanduk yang menginformasikan HET di toko, kios dan warung yang jadi mitra kita, jadi teman-teman di Satgas Pangan dan TPID bisa ikut mengawasi pelaksanaan KPSH,” tambahnya.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Sarassani
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved