SOBIZ

Tahun 2018 PLN UIP Kalbagtim Berhasil Menyelesaikan Beberapa Gardu Induk

PLN UIP Kalbagtim menutup tahun dengan sangat baik, beberapa pekerjaan dapat diselesaikan pada minggu terakhir bulan Desember tahun 2018.

Tahun 2018 PLN UIP Kalbagtim Berhasil Menyelesaikan Beberapa Gardu Induk
HO PLN
Gardu induk yang berhasil dibangun PLN di tahun 2018. 

BALIKPAPAN - PLN UIP Kalbagtim menutup tahun dengan sangat baik, beberapa pekerjaan dapat diselesaikan pada minggu terakhir bulan Desember tahun 2018. Seperti halnya kegiatan pemberian tegangan/energize untuk Gardu Induk 150 kV Malinau dan SUTT 150 kV Gardu Induk Kuaro – Gardu Induk Grogot pada 28 Desember, hingga 31 Desember pun menyusul untuk Gardu Induk 150 kV Long Ikis telah berhasil dilaksanakan dengan lancar dan aman.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan serta kerja sama semua pihak yang terlibat, baik seluruh tim pelaksana, pihak ketiga hingga masyarakat dan pemerintahan yang telah banyak memberikan bantuan agar pekerjaan dapat segera terselesaikan.

Penyelesaian pekerjaan ini bukan tanpa hambatan, untuk pembangunan Gardu Induk 150 kV Malinau kapasitas 30 MVA dapat diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun 7 bulan setelah ditanda tanganinya kontrak pekerjaan, gardu induk tersebut nantinya akan mengatur tegangan yang mengalir dari transmisi SUTT 150 kV Tidang Pale - Malinau. Jaringan transmisi tersebut saat ini masih dalam proses pengadaan tanah dengan presentase 98,04% dari total jumlah tapak tower sebanyak 102.

Selain itu, pekerjaan SUTT 150 kV Gardu Induk Kuaro – Gardu Induk Grogot dengan panjang jalur 14,921 kilometer sirkit (kms) yang terbagi menjadi 46 tower dapat diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun 4 bulan. Dua pekerjaan tersebut diatas dapat dikatakan masih sesuai dengan rencana, walaupun terdapat kendala permasalahan sosial ketika pekerjaan berjalan.

Pada penghujung tahun 2018 pun PLN UIP Kalbagtim terus memberikan kerja nyatanya, seperti yang disebut diatas bahwa penyelesaian pekerjaan pembangunan hingga pemberian tegangan untuk Gardu Induk 150 kV Long Ikis kapasitas 30 MVA telah dilaksanakan.

"Jika melihat seluruh pekerjaan pembangunan pasti pernah mengalami hambatan masing-masing, adanya perbedaan lokasi pasti ada perbedaan permasalahan sehingga penanganannya pun dilakukan masing-masing," tutur Iswan Prahastono, General Manager PLN UIP Kalbagtim.

Iswan Prahastono menjelaskan, bahwa sering kali dalam pekerjaan pembangunan dihadapkan oleh permasalahan sosial, PLN UIP Kalbagtim selalu memberikan kesempatan bagi para masyarakat hingga pemerintahan dapat menyampaikan aduan terkait kegiatan pembangunan kepada pihak PLN UIP Kalbagtim atau kepada tim pelaksana di lapangan hingga dapat ditangani secepatnya.

Untuk melakukan penanganan permasalahan sosial yang muncul, mitigasi sosial dilakukan terlebih dahulu sehingga ketika penanganan permasalahan tersebut diharapkan tidak menghambat pekerjaan pembangunan yang sedang berjalan, sulit dirasa untuk memberikan penanganan atas permasalahan sosial tetapi PLN selalu mengedepankan koordinasi dengan aparat desa/kelurahan, kecamatan, pemerintahan daerah hingga kejaksaan dan BIN pun dilibatkan untuk mendapatkan solusi terbaik.

"Menjadi motivasi kami bahwa disaat kabar duka tengah menimpa, kami tunjukan kerja nyata kepada khalayak. Bahwa dalam keadaan apapun, kami tetap memberikan hasil yang terbaik. Penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang termasuk Proyek Strategis Nasional menjadi prioritas utama kami saat ini, dan selanjutnya pekerjaan yang ada dalam RUPTL 2018-2026," kata Iswan Prahastono.

Seluruh pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang sudah selesai ataupun saat ini sedang dalam proses penyelesaian akan sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan tenaga listrik dengan kualitas daya yang handal. Sehingga dukungan secara penuh diharapkan dari seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved