Berita Video

VIDEO TEASER - Tahun 2019 Optimis, Perekonomian Kaltim Meningkat

Optimisme itu sejalan dengan meningkatnya komoditas di sektor utama seperti pertambangan dan perkebunan kelapa sawit. Sejauh ini, menurutnya memang

VIDEO TEASER - Tahun 2019 Optimis, Perekonomian Kaltim Meningkat
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Penumpang menunggu keberangkatan pesawat di ruang tunggu Bandara APT Pranoto, Rabu(25/12/2018). Fasilitas memadai Bandara APT Pranoto dinilai penumpamg pesawat jauh lebih baik apabila tersedia tempat mengisi baterai handphone. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Cornel Dimas dan Nevrianto

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Muhamad Nur mengaku optimis terhadap perkembangan perekonomian Bumi Etam di tahun 2019.

Ia memprediksi pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan hingga 2,4 persen di tahun 2019.

"Proyeksi kita, 2019 akan lebih baik daripada 2018. Kita memerkirakan, pertumbuhan ekonomi berada pada rentang 2 - 2,4 persen. Tapi tidak sampai menyentuh 3 persen seperti 2017 lalu," ungkap Muhamad Nur di ruang kerjanya Jl Gajah Mada, Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu (5/1/2019).

Baca: Ogah Terprovokasi Kisruh di Pusat, Perwakilan 3 Kubu KNPI di Kaltim Komit Kembali Bersatu

Baca: Persoalan ADD, Sejumlah Kepala Desa di Kutai Timur Ancam Hentikan Pelayanan Warga

Baca: VIDEO - Nikmati Sensasi Makan Durian yang Dibakar di Djoeragan Doreen

Optimisme itu sejalan dengan meningkatnya komoditas di sektor utama seperti pertambangan dan perkebunan kelapa sawit. Sejauh ini, menurutnya memang belum ada sektor yang mampu melampaui pencapaian Batubara di Kaltim.

Namun setidaknya di tahun 2019 ini, sektor pariwisata dan perdagangan bisa sedikit lebih baik ketimbang tahun 2018. Hadirnya bandara APT Pranoto Samarinda disebut-sebut bakal menjadi perangsang tumbuhnya perekonomian Kaltim.

Baca: Jasad Arman yang Hilang di Laut Akhirnya Ditemukan, Semasa Hidup Dikenal sebagai Pengumandang Azan

Baca: Jelang Pemilu 2019, Polres Tarakan Minta Tambahan Senjata Ke Kapolda Kaltara, Ini Alasannya

"Kita memperkirakan perdagangan restoran dan hotel meningkat seiring beroperasinya bandara APT Pranoto. Diharapkan kegiatan MICE lebih banyak di sini," katanya.

Selain itu, proyek perluasan kilang minyak di Balikpapan juga diharapkam mampu menjadi pendorong ekonomi. Pasalnya efek perluasan kilang minyak yaitu penyerapan tenaga kerja yang mencapai 25 ribu orang.

"Informasinya, tahun ini sudah masuk tahap konstruksi. Dari berbagai informasi yang beredar, proyek ini akan menyerap 25 ribu tenaga kerja. 10 ribu tenaga kerja saja yang datang ke Kaltim, dampaknya akan luar biasa pada perdagangan," tuturnya.

Simak Videonya :

(*)

Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved