Pemilu 2019

Dana Bantuan Parpol 2019, Kepala Kesbangpol Kaltara Tunggu Edaran Mendagri

Sejauh ini belum ada formulasi terbaru mengenai besaran dana bantuan partai politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dana Bantuan Parpol 2019, Kepala Kesbangpol Kaltara Tunggu Edaran Mendagri
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Bendera partai politik peserta pemilu 2019 dijejer di depan kantor KPU Kalimantan Utara, diabadikan belum lama ini. 

Dana Bantuan Parpol 2019, Kepala Kesbangpol Kaltara Tunggu Edaran Mendagri

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Sejauh ini belum ada formulasi terbaru mengenai besaran dana bantuan partai politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Utara Basiran mengatakan, Pemprov Kalimantan Utara masih menunggu edaran resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal tersebut.

Mengingat pemilihan umum akan digelar 17 April 2019, kemungkinan pembayaran dana bantuan partai politik disandarkan pada dua opsi. Masing-masing, berdasarkan jumlah perolehan suara partai pada pemilu 2014 dan atau hasil pemilu tahun 2019 ini.

"Kita belum tahu secara pasti. Apakah kita mengikuti standar yang sama (yang diberlakukan sejauh ini). Atau bisa juga hasil pemilu 2019," kata Basiran saat disua Tribunkaltim.co, Kamis (10/1/2019).

VIDEO - KPU Kaltara Akhirnya Mulai Mencetak APK Peserta Pemilu

Jika dalam edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nanti memerintahkan untuk mengikuti hasil pemilu tahun 2019, tentu kata Basiran akan ada beberapa perubahan. Baik jumlah suara sah perolehan partai maupun partai politik penerima bantuan.

"Karena dalam pemilu tahun ini, ada beberapa partai baru peserta pemilu. Dan kemungkinan ada juga perubahan jumlah perolehan kursi di DPRD berdasarkan suara sah," sebutnya.

Tahun 2018 kemarin, Pemprov Kalimantan Utara menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,4 miliar dana bantuan untuk 12 partai politik. Per partai menerima bantuan dengan besaran berbeda.

"Tergantung berapa banyak akumulasi suara sah dari tiap partai politik yang mendudukkan wakilnya di DPRD," katanya.

Sempat Molor Terima Desain dari Parpol, KPU Kaltara Akhirnya Mulai Mencetak APK Peserta Pemilu

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved