Prostitusi Artis

Polisi Sebut 5 Artis Terlibat Jaringan Prostitusi Online, 2018 Tercatat Transaksi Rp 2,8 Miliar

Dari 45 oknum artis yang diduga terlibat prostitusi online difasilitasi mucikari ES, polisi menyebut ada 5 artis yang terbukti bertransaksi.

Polisi Sebut 5 Artis Terlibat Jaringan Prostitusi Online, 2018 Tercatat Transaksi Rp 2,8 Miliar
TribunJatim.com/ Mohammad Romadoni
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung Mangera menyampaikan update terbaru kasus prostitusi artis 

TRIBUNKALTIM.CO, SURABAYA - Fakta terbaru terungkap, bahwa dari 45 oknum artis yang diduga terlibat prostitusi online yang difasilitasi mucikari ES, polisi menyebut ada 5 artis yang terbukti bertransaksi.

Kelima oknum artis tersebut adalah AC, TP, GS, ML, dan RM. Mereka terdeteksi dari percakapan elektronik kedua tersangka mucikari tersebut.

Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan mengungkapkan, pihaknya mendeteksi aktivitas kelima oknum artis tersebut dari percakapan alat elektronik dua tersangka mucikari yang diamankan. "Kami punya bukti cukup kuat dari 5 oknum artis ini," ujar Luki kepada wartawan, Kamis (10/1).

Baca: Tersebar Via WhatsApp, Video Porno Incest Bapak dan Anak Gegerkan Warga di Lampung Selatan

Baca: Video - Bayi Tewas di Kost Samarinda, Ini Keterangan Polisi & Ketua RT soal Pengakuan Orangtua Bayi

Kelima oknum artis tersebut, kata Luki, akan dipanggil untuk diperiksa penyidik Polda Jawa Timur, guna menguatkan pengungkapan kasus prostitusi online yang saat ini sedang didalami penyidik. "Kelima oknum artis pasti nanti dipanggil untuk diperiksa," ujar dia.

Luki sebelumnya pernah menyebut dua mucikari yang diamankan memiliki 45 nama jaringan artis tanah air, lengkap dengan data pribadi dan fotonya. Selain 45 artis, tersangka juga mengantongi 100 nama model di Tanah Air.

"Harganya juga bervariasi tergantung tingkat kepopuleran sang artis. Harga termahal bisa Rp 100 juta hingga termurah Rp 25 juta," ujar dia.

Baca: Carut Marut Sistem Penanggulangan Bencana Selama tahun 2018 jadi Sorotan Ombudsman RI

Meski kedua tersangka mucikari bertempat tinggal di ibukota Jakarta, mucikari tersebut juga kerap memenuhi permintaan pelanggan di berbagai daerah. "Bahkan bisa sampai ke luar negeri," terang dia.

Kasus prostitusi online diungkap tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur pekan lalu di Surabaya. Saat itu, polisi menemukan seorang artis peran VA terlibat dalam praktik prostitusi online tersebut.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Timur memeriksa rekening koran mucikari ES, tersangka kasus dugaan prostitusi online. Sepanjang 2018, polisi mencatat ada Rp 2,8 miliar transaksi. Sebagian besar diduga transaksi terkait praktik prostitusi online yang melibatkan artis.

Baca: Soal Teror Bom Molotov di Rumah Pimpinan KPK, Kapolri: Ada Petunjuk Menarik

"Itu masih satu rekening koran selama setahun terakhir," kata Irjen Luki Hermawan. Dia tidak menjelaskan rinci apakah nilai uang tersebut dari oder kalangan artis atau model, yang pasti polisi masih terus menyelidiki transaksi keuangan mucikari tersebut. "Penyelidikan keuangan masih terus kami lakukan," jelasnya.

Untuk menguatkan kontruksi hukum kasus prostitusi online, polisi menjadwalkan pemanggilan lima artis dan model yang terlibat. "Kita pasti akan memeriksa kelima artis nantinya," terang Kapolda Jatim. (kompas.com/tribunnews)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved