Sidang Administrasi Pemilu, Nasib Calon Legislatif Ini Bakal Diputuskan Malam Nanti

Dari fakta persidangan diduga Kasdi masih aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) saat mendaftar sebagai Caleg Nasdem.

Sidang Administrasi Pemilu, Nasib Calon Legislatif Ini Bakal Diputuskan Malam Nanti
HO/BAWASLU BONTANG
Persidangan dugaan pelanggaran pemilu di Bontang dengan terlapor Caleg nomor urut 9 Dapil Bontang Selatan dari Partai Nadem, Kasdi kembali digelar di Ruang Sidang Bawaslu Provinsi Kaltim, di Samarinda, Jumat (12/1/2019) 

Sidang Administrasi Pemilu, Nasib Calon Legislatif Ini Bakal Diputuskan Malam Nanti

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Lanjutan sidang dugaan pelanggaran administrasi pemilu dengan terlapor calon legislatif dari Partai Nasdem, Kasdi kembali digelar Jumat (12/1/2019) siang di ruang persidangan Bawaslu Kaltim, Samarinda.

Dari fakta persidangan diduga Kasdi masih aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) saat mendaftar sebagai Caleg Nasdem.

Ketua Bawaslu Bontang, Nasrullah mengatakan dari keterangan saksi yang dihadirkan, Plt Kepala Dinas Kesehatan & Keluarga Berencana (Dinkes&KB), Bahauddin mengatakan, terlapor memang menyerahkan pengunduran diri pada 28 Juni. Namun, terlapor dinyatakan tidak aktif sebagai PNS serta mengembalikan mobil dinas dan laptop kepada dirinya per 26 Desember 2018.

Korban Longsor Prapatan Dalam Terpaksa Mengungsi, Tak Miliki Biaya Perbaiki Rumah

Terungkap, Ustaz Arifin Ilham Naik Jet Pribadi PT. Elang Lintas Indonesia, Siapa Pemiliknya ?

Sedangkan penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh Bawaslu pada 20 September 2019, sehari setelahnya KPU Bontang menetapkan DCT Pileg 2019.

“Dugaan kami bahwa terlapor masih aktif sebagai PNS saat mengikuti Pileg ini semakin kuat,” ujar Nasrullah saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Jumat (12/1/2019).

Nasrul menambahkan, keterangan dari Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sigit Alfian di persidangan juga diyakini membuat majelis hakim akan menetapkan pelanggaran terhadap kasus ini.

Kata Nasrul, surat pengunduran diri dari Kasdi disampaikan ke BKPP per 8 Juni 2018. Namun, terlapor tidak menyebutkan alasan pengunduran diri untuk mengikuti kontestasi Pileg 2019.

Update Kondisi Gunung Agung setelah Meletus Kamis Malam, Status Masih Level III Siaga

Komentar Pengantin Wanita di Video Viral Menangis di Pelaminan, Ternyata Karena Mertua ?

Rencananya, putusan hasil persidangan akan dibacakan malam nanti di lokasi yang sama.

Tribunkaltim.co mencoba mengkonfirmasi Plt Kadis Dinkes Bahauddin, Sekretaris BKPP, Sigit Alfian serta Kasdi terkait hasil persidangan hari ini, Jumat (12/1/2019). Namun ketiganya tidak memberikan respon. (*) 

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved