Berau Raih Piala Adipura, Bupati Berau Muharram Sebut Keberhasilan Warga

Masyarakat dan juga Pemkab Berau terus memantau kebersihan di tiap sudut kota, terutama yang menjadi titik pantau.

Berau Raih Piala Adipura, Bupati Berau Muharram Sebut Keberhasilan Warga
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Tepian Berau 

Berau Raih Piala Adipura, Bupati Berau Muharram Sebut Keberhasilan Warga

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Setelah berupaya keras dan konsisten, Kabupaten Berau dianugrahi Piala Adipura, sebuah penghargaan tertinggi di bidang kebersihan. Piala Adipura ini rencananya akan diserahkan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kala, Senin (14/1).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Sujadi mengatakan, diraihnya penghargaan Adipura ini merupakan hasil kerja keras kepala daerah, dalam memotivasi dan menggerakkan masyarakat, agar menjaga lingkungannya masing-masing.

Baca: Tanggung Iuran BPJS 13.940 Warga, Irianto Siapkan Dana Rp 10 Miliar

Baca: Berniat Mancing, Jumadi Malah kepergok Bawa Sanpi Rakitan

Baca: Warga Pesisir Diminta Waspadai Hidrometeorologi

"Seperti kita ketahui, Bapak Bupati dan Wakil Bupati sering mengkampanyekan gerakan gotong royong, gerakan hidup sehat, sehingga masyarakat dan kami selaku Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan semakin bersemangat," ujarnya, Minggu (13/1).

Masyarakat dan juga Pemkab Berau terus memantau kebersihan di tiap sudut kota, terutama yang menjadi titik pantau. Agar kebersihan tetap terjaga, mengingat penilaian yang dilakukan tanpa pemberitahuan kepada pemerintah daerah.

Baca: Diduga ada Praktek Prostitusi, Polisi Gerebek dan Tutup Cafe Ilegal

Baca: Pemprov Bebaskan Lahan Kawasan KBM Tanjung Selor 185 Hektare

Pihaknya juga melakukan evaluasi penilaian Adipura tahun-tahun sebelumnya, melakukan pembenahan di setiap lokasi yang mendapat nilai rendah. Berkat konsistensi, kerja keras itu akhirnya terbayar dengan penghargaan tertinggi, Piala Adipura.

Meski begitu, Adipura bukanlah satu-satunya tujuan dalam menjaga kebersihan ini. "Sesuai arahan kepala daerah, bukan Adipura yang harus dikejar tapi menjaga lingkungan tetap bersih demi menciptakan kenyamanan masyarakat menjadi target utama,” ujarnya.

Baca: VIDEO LINK LIVE STREAMING - Tottenham vs Manchester United Liga Inggris Pukul 23:30 WIB

Baca: Pelamar CPNS yang Sudah Dinyatakan Lulus Ini Pilih Mundur, Begini Cara Tentukan Penggantinya

Menciptakan lingkungan yang bersih akan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat, terutama dari segi kesehatan.

“Kita tentu berharap sekali bisa mendapat adipura. Tapi bukan itu yang dikejar. Seperti yang telah disampaikan Bupati dan Wabup bahwa kebersihan adalah target utama yang harus diraih, sementara Adipura ini menjadi penghargaan bagi kerja keras kita,” tandasnya.

Dengan diraihnya penghargaan ini, bukan berarti pekerjaan sudah selesai. Tantangan terberat nantinya adalah mempertahankan penghargaan itu di tahun-tahun setelahnya. Menjaga kebersihan sudah harus menjadi kesadaran bersama, terutama bagi masyarakat.

Warga cukup berpartisipasi dengan minimal, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan menggiatkan gotong royong. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved