Edy Marwan dan Ernest Silvanus Kandidat Kuat Sekda Malinau

Melihat profil keduanya memang tidak dapat diragukan, keduanya dapat dikatakan cocok dan pantas menjadi Sekda Malinau

Edy Marwan dan Ernest Silvanus Kandidat Kuat Sekda Malinau
TRIBUN KALTIM / BUDI SUSILO
Puluhan masyarakat Malinau yang mengatasnamakan perjuangan pemekaran Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan di DPRD Kaltara, beberapa waktu silam. Mereka menyampaikan aspirasinya kepada para legislator. 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Sesuai pengumuman Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Malinau, peserta asesmen lelang jabatan untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau berjumlah 11 orang pejabat eselon II. Dari ke-11 nama tersebut dua di antaranya mencuat sebagai kandidat kuat mengisi jabatan manajerial tersebut.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ernest Silvanus dan Asisten III Bidang Administrasi Umum, H Edy Marwan menjadi dua nama kandidat terkuat. Keduanya saat ini menjadi asisten Sekda Malinau. Sebenarnya, ketiga asisten Sekda Malinau berkompetisi untuk menduduki kursi sekda. Namun, hanya Asisten II dan III saja yang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Melihat profil keduanya memang tidak dapat diragukan, keduanya dapat dikatakan cocok dan pantas menjadi Sekda Malinau. Terlebih, melihat prestasi yang diraih oleh kedua pejabat eselon II ini sebelum menduduki jabatan asisten. Ernest Silvanus misalnya. Sebelum menjadi asisten II, ia menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malinau.

Selain itu Ernest juga sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian (Distan). Sedangkan, H Edy Marwan, sebelum menjadi Asisten III ia menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Kota (DTK) Malinau dan telah malang melintang sebagai camat di daerah pusat pemerintahan. Tidak hanya itu, H Edy Marwan juga menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hingga kini H Edy juga menjabat sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Malinau. Di organisasi kedaerahan, ia juga sebagai Ketua Lembaga Adat Tidung Kabupaten Malinau. Juga, sebagai Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Malinau. Dan masih banyak lagi lembaga dan organisasi yang diketuai oleh pemilik Pesantren Ad-Dakwah ini.

Tidak kalah berpengalaman berorganisasi, Ernest Silvanus juga saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jendral Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL), yang diketuai oleh Bupati Malinau saat ini, Yansen TP. Namun, tidak dapat dipungkiri pula seluruh pendaftar untuk jabatan ini memiliki pengalaman dalam dunia pemerintahan yang mumpuni.

Saat ditanyakan soal pendaftaran asesmen lelang jabatan, keduanya menjawab bahwa keikutsertaannya dalam asesmen lelang jabatan merupakan perintah langsung dari Bupati Malinau kepada seluruh pejabat eselon II untuk dapat mengikuti asesmen lelang jabatan, setelah jabatan Sekda Malinau tinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya.

"Ya, kalau diperintahkan atasan, ya kita harus taat dan ikuti maka saya ikut," ujar H Edy Marwan saat dihubungi melalui telepon selularnya. Jawaban tersebut juga disampaikan Ernest Silvanus saat dihubungi melalui telepon selularnya. "Kita memang diperintah oleh atasan (Bupati Malinau) untuk ikut asesmen lelang jabatan ini," papar pria bergelar Doktor ini.

Selain kedua pejabat tersebut, terdeteksi pula nama Asisten I Padan Impung, Kepala BPMD Makson, Kasatpol PP dan Damkar Marson R Langub, Kepala Kesbangpol Maksum, Kepala Disbudpar Ajang Kahang, Kepala DPU PR-Perkim Tomy Labo, dan Kepala Bappeda, Kristian Radang menjadi peserta asesmen lelang jabatan yang akan dilaksanakan, pada Senin (14/1) dan Selasa (15/1). (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved