SOA Barang ke Pedalaman, Sekali Terbang Angkut 1,2 Ton Sembako

Kalau tahun ini, sudah ada dua maskapai yang mencari informasi. Yaitu Aviastar dan satu maskapai lagi dari Jakarta

SOA Barang ke Pedalaman, Sekali Terbang Angkut 1,2 Ton Sembako
(HO/DISPERINDAGKOP-UMKM KALTARA)
Proses distribusi barang ke perbatasan dengan program SOA barang melalui pesawat udara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Program subsidi ongkos angkut (SOA) barang ke wilayah-wilayah perbatasan dan pedalaman Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau dipastikan berlanjut tahun ini.

Disperindagkop dan UMKM Kalimantan Utara saat ini tengah menyusun rute desa dan kecamatan tujuan SOA. Penyusunan daerah tujuan distribusi barang diperkirakan memakan waktu satu minggu ke depan.

"Usulan dari pemerintah kabupaten untuk kecamatan dan desa mana saja yang perlu dijangkau SOA barang sudah kami terima sejak Desember. Kami sekarang sedang menyusunnya. Kemungkinan besar ada tambahan daerah distribusi," kata Kepala Disperindagkop Kalimantan Utara Hartono melalui Rayan Ferry, Staf Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop Kalimantan Utara, Senin (14/1/2019).

Daerah-daerah tujuan distribusi SOA Barang tahun-tahun sebelumnya tetap akan dipertahankan. Sekaligus menambah rute baru berdasarkan usulan pihak kecamatan. Rayan mengatakan, alokasi anggaran Rp 9 miliar diharapkan cukup untuk mengakomodir kebutuhan barang pokok masyarakat yang pengangkutan dilakukan dengan cara mensubsidi tarif alat transportasi itu.

"Ada juga dari APBN akan masuk. Tetapi angka persisnya kami belum tahu. Mungkin Dinas Perhubungan tahu itu," katanya.

Pasca menyusun daftar daerah tujuan distribusi, Disperindagkop Kalimantan Utara segera membuka tahap lelang. Paling lambat Februari nanti tahapan pelelangan sudah bisa diselesaikan.

"Setelah tender, masa proses lainnya sekitar satu sampai dua minggu. Setelah itu, sudah bisa terbit SPK (Surat Perintah Kerja)," katanya.

Lelang akan dilaksanakan secara terbuka. Ia berharap banyak maskapai yang ikut dalam tender kegiatan ini. Tahun lalu, maskapai Aviastar yang memenangkan tender ini.

"Kalau tahun ini, sudah ada dua maskapai yang mencari informasi. Yaitu Aviastar dan satu maskapai lagi dari Jakarta. Saya lupa namanya," ujarnya.

Untuk diketahui, beberapa daerah tujuan SOA Barang seperti Seimanggaris, Krayan di Kabupaten Nunukan. Sedang di Kabupaten Malinau seperti Bahau Hulu, Kayan Selatan, Pujungan, Mentarang Hulu, dan Sungai Tubu.

Sedang APBN, tahun lalu menopang dua daerah tujuan yakni Long Nawang (Malinau) dan Krayan Induk (Nunukan).

Setiap kali ke daerah sasaran, pesawat mengangkut sembako sebanyak 1,2 ton. Tarif angkut per kilogram berkisar Rp 42 ribu dari tarif normal Rp 60 ribu. "Rp 42 ribu itu sudah pulang pergi," katanya.

Selain jalur udara, SOA Barang juga mencakup moda transportasi darat dan sungai untuk menjangkau daerah distribusi. (*)

DAERAH TUJUAN SOA BARANG
* Seimanggaris (Nunukan)
* Krayan (Nunukan)
* Bahau Hulu (Malinau)
* Kayan Selatan (Malinau)
* Pujungan (Malinau)
* Mentarang Hulu (Malinau)
* Sungai Tubu (Malinau)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved