DPU Malinau juga Perbaiki Jalan Tani di Lima Kecamatan

Panjang jalan tani yang akan dikerjakan sepanjang 110 kilometer. Sebelumnya, tahun 2018 lalu, kita telah mengerjakan 30 kilomete

DPU Malinau juga Perbaiki Jalan Tani di Lima Kecamatan
TRIBUN KALTIM/PURNOMO SUSANTO
Siswa di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau saat pulang sekolah. 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Selain akan menjalankan program penataan jalan lingkungan di 10 kecamatan, DPU PR-Perkim juga akan melaksanakan perbaikan jalan tani di 5 kecamatan di sekitaran pusat pemerintahan, yakni Kecamatan Malinau Kota, Utara, Barat, Selatan dan Mentarang. Perbaikan jalan tani tahun ini, memang dikhususkan untuk jalan tani di sekitaran pusat pemerintahan.

"Panjang jalan tani yang akan dikerjakan tahun 2019 ini, sepanjang 110 kilometer. Sebelumnya, tahun 2018 lalu, kita telah mengerjakan kurang lebih 30 kilometer. Sebenarnya, total panjang jalan 140 kilometer. Hanya saja, tahun lalu sudah dikerjakan 30 kilometer dan tersisa kurang lebih 110 kilometer," ujar Kepala DPU PR-Perkim Malinau, Tomy Labo.

Metode perbaikan jalan tani diceritakan Tomy, dilakukan dengan cara menyisir terlebih dahulu dari Kecamatan Malinau Utara-Kota-Barat-Mentarang-Selatan. Sejauh ini, seluruh unit alat berat yang diturunkan untuk melaksanakan perbaikan telah bekerja di Kecamatan Mentarang. Selanjutnya, akan masuk di Kecamatan Malinau Selatan.

"Agar tidak pecah konsentrasi. Jadi, kita melakukan perbaikan jalan mulai dari Utara dahulu. Nanti, ujungnya ada di Selatan. Sekarang, kita sedang melakukan pengerjaan di Kecamatan Mentarang. Memang, lokasi terbanyak untuk jalan tani berada di 5 kecamatan tersebut. Untuk lokasi terluas lahan pertaniannya, ada di Kecamatan Malinau Kota," tuturnya.

"Ada 4 unit alat berat kita siapkan untuk melaksanakan perbaikan jalan tani. Kemudian, kita juga siapkan operator alat beratnya. Bukan hanya dibebankan kepada Pemkab Malinau saja, aparat desa juga membantu pengerjaan jalan tani ini. Pekerjaan kita lakukan dengan cara swakelola, yang artinya dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat desa," lanjutnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved