BERITA KUBAR

Resmikan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja Kota Sendawar, Ini Harapan Bupati Kubar

Pembangunan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Sendawar dilakukan dalam penguatan aspek teknis

Resmikan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja Kota Sendawar, Ini Harapan Bupati Kubar
IST/HUMAS
RESMIKAN IPLT - Bupati Kubar FX Yapan didampingi Wabup Kubar Edyanto Arkan dan Sekkab Kubar Yacob Tulur serta Kepala Satker PS-PLP Kaltim Lalu Hery Gunawan meninjau pembangunan IPLT Kota Sendawar. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pembangunan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Sendawar dilakukan dalam penguatan aspek teknis melaksanakan pengelolaan air limbah domestik di Kutai Barat.

Bupati Kubar FX Yapan mengapresiasikan dibangunnya IPLT di Kubar oleh Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja (Satker) PSPLP Kaltim. Dia berharap kerjasama dan komunikasi yang sudah terjalin ini dapat terus ditingkatkan.

"Dengan tujuan mengoptimalisasi pelayanan publik di Kubar, khususnya bidang pembangunan sanitasi," kata Bupati pada peresmian dan penyerahan pembangunan IPLT dari Kementerian PUPR kepada Pemkab Kubar di Kawasan TPA Belaw, Gesaliq, Kelurahan Barong Tongkok, Kamis (19/1) lalu.

Baca: Zuhdi Yahya Serap Pendapat Masyarakat di Samarinda, Terkait Keberagaman dan Bhinneka Tunggal Ika

Bupati menambahkan pembangunan sanitasi perlu memperhatikan lima aspek, yakni terdiri teknis, kelembagaan, regulasi, pembiayaan dan peran serta masyarakat.

Diharapkan Dinas Perkimtan Kubar dapat memanfaatkan prasarana IPLT ini dengan optimal, sehingga kondisi sanitasi menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Sementara fasilitas yang sudah dibangun ini, tetap dilaksanakan pemeliharaan dan perawatan,"imbaunya.

Kepala Satker PSPLP Kaltim Lalu Hery Gunawan mengatakan pembangunan bidang PLP merupakan salah satu bagian dalam pencapaian universal access yang bertujuan meningkatkan akses pelayanan sanitasi yang meliputi pengelolaan air limbah domestik, persampahan dan drainase lingkungan yang ramah lingkungan.

Diharapkan bisa tercapai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik dan sehat. Menjawab tantangan universal sanitasi tersebutm diperlukan komitmen dan kerjasama yang kuat antara pemerintah pusat yang dalam hal ini melalui Kementerian PUPR bersama pemerintah daerah provinsi, kabupaten, kota dan para stakeholder.

Baca: Presiden Klub Borneo FC Nabil Husain Said Amin Ucapkan Terima Kasih Pada Edy Rahmayadi

Setelah adanya IPLT Kota Sendawar, ke depannya dapat mengikuti program lumpur tinja terjadwal (LLTT/L2T2) demi tercapainya pelayanan air limbah yang maksimal di Kota Sendawar Kubar dan menjadi percontohan bagi daerah sekitar di Kubar nantinya.

Sementara, Kepala Dinas Perkimtan Kubar, Stepanus menambahkan IPLT ini terbangun atas dasar kebutuhan Kutai Barat, mengingat jumlah penduduknya semakin meningkat, yang berpengaruh terhadap jumlah buangan air limbah yang dihasilkan dari aktifitas pemukiman juga semakin meningkat. (ADV)

Penulis: Febriawan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved