Sektor UMKM Kaltara Ditarget Tumbuh Seperti Bali, Yogya dan Jabar

Kita akui belum berdayakan UMKM kita dengan maksimal. Tetapi kita ingin untuk menyamai Bali, Jawa Barat, Yogyakarta

Sektor UMKM Kaltara Ditarget Tumbuh Seperti Bali, Yogya dan Jabar
Tribun Kaltim
Ilustrasi: Ratusan pelaku UMKM di Balikpapan mengikuti seminar yang digelar Kemenlu RI di Hotel Aston, Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Salah satu fokus utama Pemprov Kalimantan Utara dalam program pembangunan 2019 adalah pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sejauh ini, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie melihat sektor UMKM belum memberi kontribusi pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Sehingga kata Irianto, perlu dilakukan langkah-langkah loncatan.

"Kita akui belum berdayakan UMKM kita dengan maksimal. Tetapi kita ingin untuk menyamai Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, termasuk DKI Jakarta," kata Irianto dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Provinsi Kalimantan Utara, Senin (21/1/2019) di gedung gabungan dinas Pemprov.

Irianto meminta organisasi perangkat daerah (OPD) melaksanakan program pemberdayaan UMKM dengan terencana. Pelatihan-pelatihan perlu diintensifkan. Baik pelatihan produksi maupun pelatihan pengembangan usaha.

Pelaku UMKM di Kalimantan Utara juga belum memanfaatkan fasilitas permodalan dengan baik. Salah satu indikatornya, bantuan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB KUMKM belum diserap dengan baik.

"Dana bantuan LPDB Tahun 2018 sebesar Rp 100 miliar, tetapi terealisasi rata-rata hanya Rp 5 miliar per tahun," katanya.

Selain pemerintah daerah, sektor swasta juga diharapkan ikut berperan banyak dalam menumbuhkan UMKM di Kalimantan Utara. Menurut Irianto, salah satu indikator kesuksesan keberhasilan ekonomi daerah adalah memperbanyak entrepreneur.

"Kita harus perbanyak entrepreneur. Harus ada porsi penganggaran di APBD agar ada kenaikan kelas pelaku UMKM kita dan juga muncul pelaku-pelaku usaha baru," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved