Pemkot Tarakan Hibahkan Puskesmas Juata Laut untuk Dijadikan RS Bhayangkara

Karena Pusdokkes Polri inilah yang tahu mengenai kekurangan fasilitas dan SDM tim kesehatannya

Pemkot Tarakan Hibahkan Puskesmas Juata Laut untuk Dijadikan RS Bhayangkara
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Ilustrasi: Puskesmas Karang Rejo Tarakan 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Demi merehabilitasi pencadu narkoba yang ada di kabupaten dan kota di Provinsi Kaltara, Pemkot Tarakan menghibahkan asetnya berupa Puskesmas Juata Laut kepada Polda Kaltara. Serah terima hibah aset ini berlangsung di Puskesmas Juata Laut, Selasa (22/1/2019).

Serah terima penyerahan hibah aset Pemkot Tarakan dilakukan Wali Kota Tarakan Sofian Raga kepada Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit disaksikan sederet manajemen dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri.

Kapolda Indrjit mengungkapkan rasa syukurnya dan terima kasih kepada Pemkot dan DPRD Kota Tarakan yang telah menghibahkan Puskesmas Juata Laut untuk dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kaltara.

"Pada prinsipnya kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot dan DPRD Kota Tarakan khususnya Wali Kota Tarakan yang menghibahkan asetnya ini kepada Polri. Artinya beliau-beliau ini sangat mencintai warganya terutama warga yang terlibat kasus narkoba untuk dilakukan rehabilitasi," ungkapnya.

Menurut Indrajit, mengenai sarana dan prasarana termasuk fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) yang akan melayani kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara diserahkan langsung kepada Pusdokkes Polri.

"Karena Pusdokkes Polri inilah yang tahu mengenai kekurangan fasilitas dan SDM tim kesehatannya. Jadi kami serahkan kepada mereka. Namun rumah sakit ini nantinya tidak hanya melayani pecandu narkoba, tapi masyarakat umum yang tentunya penyakit ringan, seperti diare dan demam," ujarnya.

Bagaimana dengan tenaga medis yang ada di Polda Kaltara? "Tentunya kita akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kota Tarakan dan Provinsi Kaltara. Bukan itu saja kita akan dibantu juga dengan dokter dari Pusdokkes.. "Apalagi Polda Kaltara juga telah memiliki tiga dokter dan perawat," katanya..

Sementara Wali Kota Sofian Raga mengatakan, masyarakat yang tinggal di Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara yang biasanya berobat di Puskesmas Juata Laut akan dialihkan ke Puskesmas Juata Permai.

"Mereka nanti dilayani di Puskemas Juata Permai. Namun juga bisa kok dilayani di Rumah Sakit Bhayangkara. Artinya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Juata Laut tetap dilakukan," ucap orang nomor satu di Tarakan ini.

Seperti diketahui aset yang diserahkan Pemkot Tarakan secara hibah kepada Polda Kaltara berupa sarana dan prasarana yakni,tanah, peralatan mesin, gedung dan bangunan dengan total nilai perolehan asetnya sebesar Rp 46.325.009,76. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved