Berita Video

VIDEO - Walikota Balikpapan Khawatir Bagasi Berbayar Bisa Mematikan UMKM

Hal ini berdampak, misalnya untuk masyarakat yang pulang kampung membawa oleh-oleh kembali ke kota Rantau, atau sebaliknya.

VIDEO - Walikota Balikpapan Khawatir Bagasi Berbayar Bisa Mematikan UMKM
tribunkaltim.co/ fachmi
petugas counter check in Lion Air melayani bagasi penumpang di counter check in Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Selasa (22/1/2019). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Siti Zubaidah dan Fachmi Rachman

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Walikota Balikpapan Rizal Effendi menanggapi tarif bagasi tak lagi gratis yang diterapkan maskapai penerbanganLion Air dan Wings Air mulai hari ini, Selasa (22/1/2019).

Rizal meminta kepada manajemen Lion Air untuk meninjau kembali keputusan yang ada, karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi.

Dikhawatirkan mematikan usaha UMKM.

"Tentukan harapan kita masyarakat konsumen tidak terlalu diberatkan, apa yang terjadi di transportasi saat ini. Selama ini angkutan udara menjadi bagian angkutan penting tidak hanya masyarakat mampu tapi masyarakat bawah juga menggunakan pesawat seperti Lion Air," kata Rizal Effendi. 

"Lebih banyak kepada masyarakat yang pendapatannya tidak besar, tetapi membutuhkan angkutan yang cepat. Nah, kalau dia tidak boleh membawa barang seperti yang ada itu memang menjadi pukulan berat masyarakat," ujar Rizal Effendi. 

Tarif Bagasi di Bandara SAMS Balikpapan, APT Pranoto Samarinda, dan Juwata Tarakan

Tarif Bagasi Lion Air tak Gratis, Bandara Sepinggan Bakal Sediakan Tempat Penitipan Barang Sementara

Perwali Larangan Parkir Diterapkan, Pedagang di Klandasan Keluhkan Sepi Pembeli

Hal ini berdampak, misalnya untuk masyarakat yang pulang kampung membawa oleh-oleh kembali ke kota Rantau, atau sebaliknya.

"Ini kan bisa memukul dunia usaha kita, seperti UMKM, masyarakat yang biasa berpergian tidak bisa bawa keripik atau buah mata. Itu bisa berpengaruh besar. Sehingga saya setuju dengan suara yayasan Lembaga Konsumen, bahwa agar ditinjau kembali kebijakan tersebut," ungkap Rizal.

Seperti diberitakan sebelumnya, maskapai Lion Air dan Wings Air yang merupakan Lion Air Group menerapkan kebijakan baru terkait bagasi tercatat dan barang bawaan untuk layanan penerbangan domestik.

Lion Air dan Wings Air memberlakukan ketentuan baru tentang bagasi dengan menawarkan setiap pelanggan melalui fasilitas pembelian bagasi ekstra (pre-paid-baggage).

Mulai hari ini (Selasa/22/1/2019) Lion Air dan Wings Air mulai memberlakukan tarif berbayar setelah dua minggu sosialisasi.

Simak Videonya :

(*) 

Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved