Domberbril

DPA Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malinau 2019 Tercatat 1.090 Kegiatan

Perencanaan yang baik, menjadi langkah awal agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan baik dan sesuai dengan tujuan

DPA Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malinau 2019 Tercatat 1.090 Kegiatan
Tribun Kaltim/M Arfan
Yansen TP, Bupati Malinau 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Setelah melalui seluruh tahapan dan jadwal yang telah diteteapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019, Pemkab Malinau melaksanakan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun 2019, Kamis (24/1), di Ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau.

Bupati Yansen TP didampingi Sekda Hendris Damus dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD), Domberbril secara simbolis menyerahkan DPA SKPD kepada beberapa kepala SKPD yang hadir. Tercatat dalam dokumen DPA SKPD, terdapat 1.090 kegiatan dengan nilai total anggaran sesuai dengan APBD 2019 sebesar lebih dari Rp 1,4 triliun dan Rp 380 miliar.

Penyerahan DPA SKPD ini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan seluruh kegiatan fisik maupun nonfisik di Malinau oleh seluruh SKPD. Oleh karenanya, Bupati menyampaikan, agar seluruh SKPD mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dengan baik dan terencana.

"Bersyukur, penyerahan DPA SKPD telah kita laksanakan hari ini (kemarin). Penyerahannya pun sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Artinya, kita harus bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan. Oleh karenanya, saya berpesan kepada seluruh SKPD agar melaksanakan kegiatan dengan baik dan sesuai dengan aturan hukum," ujarnya.

Perencanaan yang baik, beber Bupati menjadi langkah awal agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan baik dan sesuai dengan tujuan. Sehingga, perencanaan harus matang dan berkesinambungan. Perencanaan yang disiapkan dapat dijalankan di lapangan tanpa adanya masalah berarti.

"Tujuan perencanaan itu, agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. Tidak hanya setelah kegiatan selesai dilaksanakan. Tapi, perencanaan tersebut bisa berkesinambungan dan terus dilanjutkan kembali sampai kegiatan tersebut memang benar-benar selesai dilaksanakan. Jangan sampai, perencanaan malah menghambat pelaksanaan kegiatan," tegasnya.

Tidak jarang ungkap Yansen, kegiatan yang direncanakan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Bahkan perencanaan tidak dapat dilaksanakan pada sebuah kegiatan. Bupati tidak ingin ada laporan seperti itu tahun 2019 ini. Setiap bidang pelaksana kegiatan, diminta dapat mengendalikan dan mengawasi dengan baik setiap kegiatan yang menjadi tanggungjawab bidang tersebut.

"Tanggung jawab membangun Malinau ini adalah kita semua. Penyerahan DPA ini merupakan salah satu tanggung jawab kita. Ini juga sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dan konsistensi kita dalam melaksanakan pembangunan sejak Malinau terbentuk 18 tahun lalu. Jadi, jangan seadanya saja dalam pembangunan," tandasnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved