Teknik Packing hingga Gabung Milis, Ini Tips dan Trik untuk Hemat Biaya Bagasi Saat Traveling

Ini tips dan trik agar kamu bisa menghemat biaya perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang tanpa harus terkena biaya tambahan.

Teknik Packing hingga Gabung Milis, Ini Tips dan Trik untuk Hemat Biaya Bagasi Saat Traveling
via Travel Fashion Girl
Lion Air Bakal Kurangi Jatah Bagasi Penumpang Jadi 10 Kg, Bagaimana Ketentuan Bagasi Maskapai Lain? 

Teknik Packing hingga Gabung Milis, Ini Tips dan Trik untuk Hemat Biaya Bagasi Saat Traveling

TRIBUNKALTIM.CO - Baru-baru beberapa maskapai pesawat terbang seperti Lion Air dan Wings Air resmi menghapus bagasi gratis.

Oleh karena itu ketika kamu berpergian menggunakan pesawat terbang, kamu hanya boleh membawa barang maksimal 7 kilogtam ke kabin pesawat.

Bila barang yang kamu bawa lebih dari 7 kilogram, maka akan dikenakan tarif tambahan dan kamu harus mengeluarkan uang ekstra untuk bagasi.

 
petugas counter check in Lion Air melayani bagasi penumpang di counter check in Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Selasa (22/1/2019).
petugas counter check in Lion Air melayani bagasi penumpang di counter check in Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Selasa (22/1/2019). (tribunkaltim.co/ fachmi)
Oleh karena itu, ini tips dan trik agar kamu bisa menghemat biaya perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang tanpa harus terkena biaya tambahan.

1. Perhatikan Cara Packing

Agar tak terkena biaya tambahan, maka kamu harus menata pakaian di koper dengan sangat baik sehingga kamu hanya memerlukan koper kabin tanpa biaya tambahan.


Karena menggunakan koper dengan ukuran kecil, bawalah barang-barang yang penting dan tinggalkan barang yang tidak perlu.

Bila kamu menginap di hotel kamu bisa meninggalkan peralatan mandi karena sudah disediakan hotel, juga bawa satu sepatu dengan warna netral.


2. Sortir Barang Bawaan

Hal yang juga kamu perhatikan adalah dengan menyortir barang bawaan mulai dari memperkirakan jumlah, jenis bahan dan memindahkan perlengkapan mandi serta kosmetik ke wadah yang lebih kecil.

Untuk pakaian lebih baik kamu gulung daripada dilipat untuk menghemat ruang.

 
3. Timbang Barang Bawaan

Akan jauh lebih baik bila kamu sering berpergian untuk mempunyai timbangan portable sehingga sebelum berangkat ke bandara, kamu sudah tahu berat barang bawaannya.

Jangan lupa untuk menyisakan tempat untuk hal-hal yang sangat mendesak seperti membeli oleh-oleh atau souvenir.

4. Pelajari Peraturan Maskapai dan Bandingkan Biaya Bagasi

Setiap maskapai punya peraturan mengenai ukuran dan bobot bagasi kabin gratis, serta tarif bagasi tambahan.

Sebelum memesan pesawat atau pun berangkat ke bandara, lebih baik untuk membaca dengan jelas ketentuan tersebut di situs resmi maskapai.

Hal ini bertujuan umtuk memudahkan dalam menyortir barang bawaan.

 
5. Gunakan Kartu Kredit

Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan yang biasa kamu gunakan ketika berpergian.

Biasanya maskapai penerbangan yang sudah bekerja sama dengan kartu kredit akan memberikan potongan harga seperti ekstra bagasi 20 kg hingga diskon 5 persen setiap pembelian tiket.

6. Gunakan Layanan Ekspedisi atau Pos untuk Kirim Barang

Sering sekali terjadi bila traveling akan membawa barang bawaan yang lebih banyak karena oleh-oleh yang membuat koper lebih berat.

Untuk menghematnya, lebih baik kamu kirimkan berat barang bawaan yang berisi oleh-oleh tersebut melalui layanan ekspedisi atau pos karena memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan biaya bagasi dalam pesawat.

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya pengiriman dan waktu sampai paket yang kamu kirimkan.

BAGASI BERBAYAR - Salah satu staff counter lion air sedang menimbang berat beban bagasi pelanggan, rabu (9/1). Penetapan Bagasi Berbayar dari maskapai Lion Air yang jatuh pada kemarin lusa (8/1), namun tampak beberapa dari para pengguna maskapai lion Air tetap membawa barang berlebih karena sudah membeli tiket jauh sebelum penetapan bagasi berbayar.
BAGASI BERBAYAR - Salah satu staff counter lion air sedang menimbang berat beban bagasi pelanggan, rabu (9/1). Penetapan Bagasi Berbayar dari maskapai Lion Air yang jatuh pada kemarin lusa (8/1), namun tampak beberapa dari para pengguna maskapai lion Air tetap membawa barang berlebih karena sudah membeli tiket jauh sebelum penetapan bagasi berbayar. (Tribunkaltim/Rachmad Sujono)
7. Bergabung dengan Milis Maskapai

Beberapa maskapai memberi bagasi tambahan bagasi bagi anggota milis.

Biasanya mendaftar milis maskapai gratis, kamu bisa mengumpulkan poin semakin besar semakin banyak keuntungan yang didapat.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)
 
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved