Pemprov Kaltara Upayakan Semua SMA/SMK Laksanakan UNBK Online

Krayan juga kita online-kan. Untuk Krayan Selatan nanti dia bawa servernya ke luar atau ke Krayan Induk

Pemprov Kaltara Upayakan Semua SMA/SMK Laksanakan UNBK Online
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Seorang siswi SMA Negeri 1 Tanjung Selor mengerjakan soal UNBK, 4 April 2016 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan bergulir mulai minggu ketiga bulan Maret 2019. Dinas Pendidikan Kalimantan Utara selaku instansi yang membidangi pendidikan menengah di daerah, masih terus menyiapkan beberapa hal sebelum hari H.

Tercatat sebanyak 73 SMA/MA ditambah 28 SMK akan melaksanakan UNBK. Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Kalimantan Utara, Hasanuddin mengatakan, sebelum masuk hari H akan dilaksanakan gladi bersih UNBK untuk memastikan kesiapan perangkat dan peserta UNBK, dan satuan pendidikan.

Pelaksanaan UNBK di Kalimantan Utara akan dilaksanakan secara online dan offline. Tetapi, Dinas Pendidikan Kalimantan Utara akan mengupayakan semua sekolah melaksanakan UNBK secara daring.

"Kalau tahun kemarin, offline itu hanya daerah Krayan dan SMA 14 Malinau, dan satu lagi, saya lupa. Tahun ini, kita upayakan bisa 100 persen online," ujar Hasanuddin kepada Tribunkaltim.co, Senin (28/1/2019) saat memantau kesiapan perangkat UNBK di Laboratorium Komputer Pesantren Hidayatullah Tanjung Selor.

Beberapa sekolah di pedalaman yang kemungkinan UNBK daring akan disurvei oleh tim Kemendikbud. Jika memungkinkan dilakukan secara online, maka akan diupayakan.

"Offline itu tidak sembarang. Pusat tidak mengizinkan sekolah itu offline kalau tidak ada latar belakang daerah itu. Jadi pusat nanti tanya titik pusatnya di mana sekolah yang akan di-offline-kan. Gitu nanti dia pakai internet, dia masih ada jaringan yang tersambung, maka akan di-online-kan," ujarnya.

"Krayan juga kita online-kan. Untuk Krayan Selatan nanti dia bawa servernya ke luar atau ke Krayan Induk. Sehingga nanti paling 5 sampai 6 SMA yang offline. Untuk SMK semua online," tambahnya.

Pelaksanaan UNBK di Kalimantan Utara akan diikuti sebanyak 5.744 siswa SMA yang tersebar di 43 SMA Negeri dan 30 SMA Swasta. Selanjutnya jumlah peserta UNBK SMK sebanyak 2.741 siswa yang tersebar di 17 SMK Negeri dan 11 SMK Swasta.

UNBK SMK dilaksanakan pada tanggal 25, 26, 27, dan 28 Maret. Dilanjutkan UNBK SMA/MA pada tanggal 1, 2, 4, dan 8 April. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved