Dinsos dan Bulog Kaltara Upayakan Distribusi Bansos Capai 4T

Pada intinya kami mendukung Satgas ini. Dan ini sudah menjadi perintah pusat juga melalui MoU antara Kemensos dan Polri.

Dinsos dan Bulog Kaltara Upayakan Distribusi Bansos Capai 4T
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Persediaan beras di Gudang Bulog Bulungan, Jalan Jelarai, Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Senin (23/7/2018). 

TANJUNG SELOR, TRIBUN - Menindaklanjuti pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Bantuan Sosial (Bansos) pekan lalu, akhirnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalimantan Utara duduk bersama Dinas Sosial Kalimantan Utara, dan Perum Bulog Divre Tarakan.

Masing-masing pimpinan lembaga/intansi tersebut menggelar rapat tertutup di kantor Ditreskrimsus Polda, Senin (28/1/2109) di Jalan Katamso, Tanjung Selor.

Ditemui usai rapat, Kepala Dinas Sosial Kalimantan Utara, Sugiono, menyatakan, instansinya sangat mendukung dibentuknya Satgas tersebut. Sebab, sudah menjadi tugas pemerintah memastikan distribusi bansos tepat sasaran, manfaat, tempat, dan kuantitas kepada masyarakat penerima manfaat.

"Pada intinya kami mendukung Satgas ini. Dan ini sudah menjadi perintah pusat juga melalui MoU antara Kemensos dan Polri. Dan kita akan menindaklanjuti itu dengan baik di tingkat daerah," kata Sugiono.

Di Kalimantan Utara sebut Sugiono ada sebanyak 14.836 penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Belum termasuk program bansos lainnya seperti Rastra (Beras Keluarga Sejahtera), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), KUBE, E-Warong, dan lainnya.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Tarakan, Pengadilan Lubis mengatakan, pada dasarnya penyaluran beras Rastra kepada keluarga penerima manfaat sudah sangat baik. Namun ada beberapa daerah yang sama sekali tidak bisa dijangkau, seperti Krayan, Kabupaten Nunukan.

Ditreskrimsus Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Helmy Kwarta Kusuma Putra mengatakan, distribusi Rastra ke Krayan, akan dikoordinasi dengan Polres dan Pemda Nunukan. "Mudah-mudahan kita temukan solusinya," ujarnya. (*)

KOMITMEN 4 T
* Tepat sasaran
* Tepat manfaat
* Tepat tempat
* Tepat kuantitas

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved