Relawan Demokrasi di Tarakan Ikut Bimtek dari KPU

Bimtek ini diberikan kepada relawan demokrasi untuk membuat strategi bagaimana menghadapi masyarakat

Relawan Demokrasi di Tarakan Ikut Bimtek dari KPU
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Ketua KPU Kota Tarakan Teguh Dwi Subagyo 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 baik pemilihan calon presiden dan wakil presiden, calon legislatif, dan DPD Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan Provinsi Kaltim menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada relawan demokrasi, Selasa (29/1/2019) di Ruang Imbaya Kantor Wali Kota Tarakan.

Ketua KPU Kota Tarakan, Teguh Dwi Subagyo mengungkapkan, bimtek diberikan kepada relawan demokrasi untuk memberikan pembekalan secara langsung untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pemilu.

"Bimtek ini diberikan kepada relawan demokrasi untuk membuat strategi bagaimana menghadapi masyarakat dalam melakukan sosialisasi. Sehingga harapan kita mereka betul-betul masuk kepada elemen masyarakat," ujarnya.

Dalam bimtek ini relawan demokrasi diberikan berbagai materi tentang demokrasi, tahapan pemilu, dapil (daerah pemilihan), hingga tata cara pencoblosan. "Kita berharap pada saat melakukan sosialisasi, dapat melakukan komunikasi yang baik kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengerti," ucapnya.

Relawan demokrasi yang mengikuti bimtek ini, merupakan orang-orang yang berasal dari 10 basis pemilih. Di antaranya, basis pemilih pemula, pemuda, komunitas, keluarga, manajerial dan disabilitas.

"Mereka yang merupakan relawan demokrasi ini, terdiri dari mahasiswa, karyawan, pendidik, dosen. Setelah bimtek ini tentunya mereka akan langsung berbaur dengan elemen masyarakat untuk melakukan sosialsasi dan berkolaborasi dengan KPU," ujarnya.

Teguh mengatakan, relawan demokasi ini akan melakukan tugasnya mulai awal Feburari hingga April mendatang. "Kita sangat berharap mereka yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat ini betul-betul dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019," ujarnya. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved