Berita Video

VIDEO - Hotel Harris Gelar Simulasi Kebakaran, Tamu Hotel Ikut Terlibat

Bahkan, pada simulasi itu Damkar juga menurunkan sejumlah kendaraan alat beratnya, seperti mobil tangki, serta truk yang dapat menjangkau korban di

VIDEO - Hotel Harris Gelar Simulasi Kebakaran, Tamu Hotel Ikut Terlibat
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
Hotel Harris bersama Dinas Damkar Kota Samarinda bersama lembaga dan instansi terkait lainnya melaksanakan simulias penanggulangan bencana kebakaran, Kamis (31/1/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tidak ingin ada korban jiwa, terutama dari pihak tamu, hotel Harris bersama instansi terkait menggelar simulasi penanggulangan bencana kebakaran, Kamis (31/1/2019) pagi tadi.

Simulasi tersebut dilakukan bersama dengan TNI, Polri, Satpol PP, PMI dan Dinas Damkar Kota Samarinda. Selain dilakukan oleh petugas dan tim dari hotel Harris, tamu hotel juga turut serta dalam simulasi itu.

Skenario dari simulasi itu bermula ketika terjadi kebakaran di lantai 7 hotel, api maupun asap tebal tampak membesar.

Namun, karena hotel telah dilengkapi dengan sejumlah perlengkapan pemadaman, ditambah dengan bantuan dari Damkar, membuat api dapat dipadamkan.

Satu Pegawai Pajak di Balikpapan Dipecat tak Hormat, Diduga Tertangkap Basah Korupsi

Nikmatnya Soto Balikpapan, Perpaduan Multikultur di Kota Minyak yang Dituangkan Dalam Bentuk Soto

Ini Tarif dan Cara Pelaku Cari Pasien Aborsi, Pernah Pasang Iklan di Instagram

Bahkan, pada simulasi itu Damkar juga menurunkan sejumlah kendaraan alat beratnya, seperti mobil tangki, serta truk yang dapat menjangkau korban di tempat yang tinggi.

Guna antisipasi dan penanggulangan kebakaran, pihak hotel harus menyedikan perlengkapan pemadaman, diantaranya memasang sistem proteksi, seperti springler yang dipasang disetiap kamar maupun ruangan.

Lalu, terdapat alat smoke detektor, hydrant box yang dipasangan disetiap lantai, serta apar yang diletakan 3-4 unit disetiap lorong. Serta jalur evakuasi yang tidak boleh ada barang-barang yang dapat menghambat petugas melakukan pertolongan.

"Setiap hotel wajib memahami alur prosedur dalam penaggulangan kebakaran. Dan simulasi ini juga sebagai latihan, apalagi hotel yang memiliki gedung tinggi,. Jangan sampai terlambat penangangannya, sehingga menimbulkan korban jiwa," ucap Kepala Dinas Damkar Kota Samarinda, Nursan, Kamis (31/1/2019).

Dia juga berharap kepada semua pihak yang terkait untuk turut serta turun ke lokasi kejadian guna menjalankan fungsinya masing-masing, seperti Kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya.

"Di lokasi harus ada yang melakukan pengamanan, Satpol PP dan Kepolisian bisa melakukan itu, lalu yang mengatur lalu lintas agar petugas pemadam dapat mudah melintas menjangkap lokasi, Dishub dan Kepolisian juga harus berperan. Jadi, turun ke lokasi untuk jalankan fungsinya masing-masing," ucapnya.

GM Hotel Harris, Vincent Gunawan menjelaskan, simulasi ini memang dilakukan sebagai upaya untuk menjamin keselamatan tamu.

"Ini untuk keamanan dan keselamatan tamu hotel, kita harus menjamin mereka aman terhadap ancaman bencana, salah satunya kebakaran," ucapnya singkat.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved