Dapat Rp 2,4 Triliun dari Penjualan Inter Milan, Ini Alasan Erick Thohir Melepas Sahamnya

Ketua Timsel Jokowi Maruf Erick Thohir mengungkapkan alasannya melepas kepemilikan sahamnya di klub sepakbola Inter Milan.

Dapat Rp 2,4 Triliun dari Penjualan Inter Milan, Ini Alasan Erick Thohir Melepas Sahamnya
STR/AFP
Erick Thohir ketika jumpa pers Akuisisi Inter Milan di Nanjing, provinsi Jiangsu timur China. 

Dapat Rp 2,4 Triliun dari Penjualan Inter Milan, Ini Alasan Erick Thohir Melepas Sahamnya

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Erick Thohir mengungkapkan alasannya melepas kepemilikan sahamnya di klub sepakbola Inter Milan.

Pemilik saham di sejumlah media besar di Tanah Air yang juga Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf Amin itu mengaku melepas kepemilikan saham senilai Rp 2,4 triliun di klub sepakbola Italia itu untuk melunasi utang.

"Sebagian untuk membayar utang, sebagian lagi mengembalikan ekuitas. Namanya pembelian besar seperti itu kan pasti banyak dari utang, tidak mungkin ekuitas semua.

Bangun stadion di luar negeri enggak mungkin murni dari ekuitas pasti ada utangnya. Utangnya juga berurusan dengan bank di luar negeri, bukan dalam negeri" kata dia kepada awak media di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (31/1).

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat berbincang dengan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin Erick Thohir dan Ketua Tim Kampanye Daerah Jambi Agus S Roni di WTC Batanghari, Kota Jambi, Minggu (16/12/2018).
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat berbincang dengan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin Erick Thohir dan Ketua Tim Kampanye Daerah Jambi Agus S Roni di WTC Batanghari, Kota Jambi, Minggu (16/12/2018). (KOMPAS.com/Fabian Januarius Kuwado)

Menurut pemilik Mahaka Group ini, berutang atawa menggunakan fasilitas pinjaman untuk berinvestasi di luar negeri merupakan hal yang lazim dilakukan perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.

Ia menyebut, perusahaan lazimnya berinvestasi dengan porsi ekuitas sebesar 30% dari total nilai investasi. Sisanya sebesar 70% tentu dibiayai oleh utang yang bisa diperoleh dari perbankan maupun non-perbankan.

Lalu apakah investasi yang dilakukan Erick Thohir di Inter Milan memberikan keuntungan besar?

Soal ini, dia enggan menjawab detail. Yang jelas, dia bilang, tak semua bisnis atau investasi itu cepat untuk balik modal.

Erick Thohir
Erick Thohir (AFP/Olivier Morin)

"Kadang-kadang ada profit, kadang ada juga yang break-event, tergantung nilai transaksinya,” kata Erick.

Dikutip TribunKaltim dari berbagai sumber, Erick adalah bos PT Mahaka Media Tbk. Perusahaan ini mengelola bisnis sejumlah media seperti koran Republika, penerbit Republika, koran berbahasa Mandarin Harian Indonesia, majalah Golf Digest, stasiun televisi Jaktv, dan media online republika co.id. 

Erick juga memiliki sejumlah jaringan radio, melalui PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Nama Ercik juga pernah tercatat harum saat menukangi TvOne dan AnTV milik keluarga Bakrie.

[Rezha Hadyan]

Artikel ini tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ini Alasan Erick Thohir Jual Saham Inter Milan" 

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved