Panjat Tebing

FPTI Kaltim Optimistis Atletnya Mampu Bersaing di Pra PON

Babak kualifikasi panjat tebing Pra-PON rencananya akan bergulir di Pangkep, Sulawesi Selatan pada Oktober mendatang.

FPTI Kaltim Optimistis Atletnya Mampu Bersaing di Pra PON
TRIBUNKALTIM.CO/JANUAR ALAMIJAYA
Salah seorang atlet putri tengah berlaga di Kejurprov Panjat Tebing. 

FPTI Kaltim Optimistis Atletnya Mampu Bersaing di Pra PON

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pra-PON yang akan berlangsung pada tahun 2019 ini, cabang olahraga (Cabor) panjat tebing akan menggunakan sistem zonasi.

Dimana nantinya tiap Provinsi akan dibagi dan dikumpulkan dalam beberapa zona, untuk Kaltim masuk dalam Zona III dan berada satu grup dengan seluruh daerah di Sulawesi, Kalimantan ditambah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Maluku.

Babak kualifikasi panjat tebing Pra-PON rencananya akan bergulir di Pangkep, Sulawesi Selatan pada Oktober mendatang.

Ketua Bidang Organisasi Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kaltim, Putu Eka Anggi mengaku atlet-atlet panjat tebing Kaltim saat ini sudah siap dan optimistis untuk menghadapi Pra-PON nanti.

Bahkan menurutnya, sejauh ini atlet Kaltim masih bisa berbicara untuk kancah nasional.

"Bukannya meremehkan daerah lain, untuk persaingan di Zona III kami optimistis. Kaltim masih yang terbaik jika dibanding para pesaing kita," kata Putu.

Putu menambahkan, tim pelatih saat ini melakukan evaluasi terhadap atlet TC Desentralisasi Mandiri. Selain itu, dalam rapat yang membahas hal-hal teknis tersebut, juga dibahas mengenai rencana pembentukan kerangka tim untuk Pra-PON.

"Iya, pekan lalu kami memang ada membahas soal evaluasi TC Desentralisasi Mandiri. Tapi kalau soal teknis, itu ranahnya ada di pelatih," ucapnya.

Pada PON XX tahun 2020 nanti, cabor panjat tebing awalnya akan mempertandingkan 14 nomor. Namun selaku tuan rumah, Papua mengusulkan satu nomor tambahan yaitu lead mix, sehingga total 15 nomor tanding yang akan dipertandingkan. (m03)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved