Jika Ada Peluang Tahun 2019 Ini, Pemkab Berau Kembali Ajukan CPNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan menggelar seleksI Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Jika Ada Peluang Tahun 2019 Ini, Pemkab Berau Kembali Ajukan CPNS
TRIBUN KALTIM/GEARFY NECOLSEN
Ribuan warga yang datang ke BKPP Berau untuk mencari informasi CPNS.┬áTahun 2018 lalu, Pemkab Berau mengajukan kuota CPNS sebanyak 1.000 orang, sementara di CPNS tahun 2018 kemarin, KemenPAN-RB hanya memberi kuota 95 orang. 

Jika Ada Peluang Tahun 2019 Ini, Pemkab Berau Kembali Ajukan CPNS

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Geafry Necolsen

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB -  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan menggelar seleksI Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Peluang ini tampaknya akan dimanfaatkan oleh Pemkab Berau untuk kembali mengajukan kuota CPNS, untuk mengatasi kekurangan pegawai.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Abdul Rifai membenarkan, pihaknya mengetahui rencana penerimaan pegawai negeri tersebut.

“Tapi kami belum mendapat informasi secara resmi dari pemerintah pusat,” ungkap Abdul Rivai kepada Tribunkaltim.co, Jumat (1/2/2019).

Meski demikian, kata Rifai, pihaknya telah melakukan evaluasi dan analisis jabatan (anjab), untuk diajukan kembali, jika MenPAN-RB benar-benar membuka seleksi CPNS lagi di tahun 2019 ini.

Sebagai gambaran saja, tahun 2018 lalu, Pemkab Berau mengajukan kuota sekitar 1.000 untuk mengisi sejumlah posisi, sekaligus mengisi kekurangan pegawai, khususnya guru dan tenaga kesehatan.

“Kekurangan (pegawai) kita kan masih banyak, terutama untuk guru dan tenaga kesehatan. Sementara, seleksi CPNS ini tidak setiap tahun kita dapat. Ditambah lagi, setiap tahun ada ratusan pegawai yang pensiun,” kata Rifai.

Rata-rata, dalam satu tahun ada 80 PNS dari berbagai jabatan dan golongan.

Masih Terus Bertambah, BKN Sudah Terbitkan 8.035 NIP Pelamar CPNS 2018 yang Dinyatakan Lolos

Dibagai 2 Tahap, Pendaftaran PPPK atau P3K Dikabarkan Lebih Dulu dari CPNS 2019

Update, Penerimaan CPNS 2019 Ternyata Hanya untuk 3 Daerah, Pemerintah Segera Buka Pendaftaran PPPK

Rekrutmen CPNS pada Maret 2019 ternyata Hanya untuk 3 Daerah Saja, Salah Satunya Papua Barat

Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Serta Formasi yang Dibutuhkan, Pendaftaran tak Sama dengan 2018

“Terakhir kali kita menggelar CPNS tahun 2014 kemudian tidak ada lagi selama empat tahun. Dan baru ada lagi tahun 2018.  Selama itu (tidak ada seleksi CPNS) sudah ada 500 PNS yang pensiun, belum termasuk yang diberhentikan karena berbagai persoalan yang menyangkut disiplin dan kasus hukum,” ungkapnya.

Dirinya berharap, tahun ini masih ada peluang bagi masyarakat Berau yang ingin mengabdi kepada masyarakat.

“Analisis jabatan ini berdasarkan pengajuan masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan setelah kami lakukan analisa, kebutuhan pegawai kita memang 1.000 orang, sementara di CPNS tahun 2018 kemarin, kita hanya mendapat kuota 95 orang,” katanya lagi.

Disinggung mengenai proses CPNS tahun 2018, Abdu Rifai mengatakan, seluruh prosesnya sudah hampir selesai, tinggal menunggu surat keputusan dari KemenPAN-RB saja. (*)
 

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved