Pekan Raya Samarinda 2019

Pekan Raya Samarinda Dimulai, Sepekan Berlangsung Ditargetkan Omzet Mencapai Rp 9 Miliar

Dayat optimistis, kehadiran PRS bakal menggairahkan perekonomian, khususnya dari sektor UMKM yang berpartisipasi.

Pekan Raya Samarinda Dimulai, Sepekan Berlangsung Ditargetkan Omzet Mencapai Rp 9 Miliar
Tribun Kaltim/Nalendro
Pekan Raya Samarinda (PRS) resmi dibuka Senin (4/2/2019) sore. Acara tahunan yang menampilkan kemajuan kota diselingi dengan hiburan dan ratusan stand kuliner dan produk kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tepian itu, bakal lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pekan Raya Samarinda (PRS) resmi dibuka Senin (4/2/2019) sore. Acara tahunan yang menampilkan kemajuan kota diselingi dengan hiburan,  ratusan stand produk kuliner, kerajinan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tepian itu, bakal lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

Dijelaskan penanggungjawab kegiatan, Aji Syarif Hidayatullah, tahun keempat pelaksanaan event tahunan yang merupakan rangkaian HUT Kota dan Pemkot Samarinda ini, terdapat 125 stand yang berpartisipasi.

Sebanyak 98 stand berada di halaman GOR Segiri, dan 28 stand milik organisasi perangkat daerah (OPD) yang menempati halaman indoor GOR Segiri. Walaupun dia menyebut jumlah ini sama dengan tahun sebelumnya, Dayat sapaan akrabnya menilai, kegiatan yang berlangsung mulai 4 sampai 10 Februari ini, bakal lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya.

Sebab, selain mengundang sejumlah band, pagelaran seni tari dan sandiwara lokal seperti Mamanda, juga akan diramaikan grup musik religi bernama Debu yang sebagain besar anggotanya berasal dari Amerika Serikat. Tak ketinggalan, kontes-kontes pemuda yang bakal menyedot animo generasi milenial.

Karena kemeriahan itulah, Dayat memperkirakan bakal ada lebih 10 ribuan warga yang hadir selama PRS berlangsung. Tak hanya itu, Dayat optimistis, kehadiran PRS bakal menggairahkan perekonomian, khususnya dari sektor UMKM yang berpartisipasi.

"Tahun lalu, omzet kita selama PRS lebih dari Rp 6 miliar, tahun ini, kita tergetkan lebih dari Rp 9 miliar," ungkapnya, di sela pembukaan PRS.

Ditambahkan, Sekertaris Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin, PRS merupakan aktualisasi visi dan misi Kota Tepian yang bertumpu pada sektor jasa dan perdagangan. Dia meminta OPD memaksimalkan petanya mendorong inovasi di pelaku usaha khususnya ekonomi kerakyatan.

Apalagi, di tengah kesulitan ekonomi Kaltim yang banyak bergantung dari sektor sumberdaya alam. Dengan bertopang dari sektor jasa dan perdagangan, dia yakin pertumbuhan ekonomi kota tetap terjaga. Seperti saat ini, pertumbuhan ekonomi Kota Tepian masih plus 3,6 persen. "Harapan saya, semoga PRS ini meningkatkan daya beli masyarakat," ujar Sugeng.

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved