1.500 Remaja Putri se-Kecamatan Melak Minum Bersama Tablet Tambah Darah, Ini Alasannya

1.500 Remaja Putri se-Kecamatan Melak Minum Bersama Tablet Tambah Darah, Ini Alasannya

1.500 Remaja Putri se-Kecamatan Melak Minum Bersama Tablet Tambah Darah, Ini Alasannya
IST/HUMAS
Sedikitnya 1500 remaja putri dari SMP/Mts hingga SMA/SMK di Melak mengikuti gerakan minum tablet tambah darah bersama. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-59 tahun 2019, UPT Puskesmas Melak bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Melak, TP PKK Kecamatan Melak, dan PLKB Kecamatan Melak melakukan kegiatan minum bersama tablet tambah darah diikuti 1500 pelajar putri dari SMP/MTs dan SMA/SMK/MAN se Kecamatan Melak.

Kepala Puskesamas Melak Hj Ena Rosana A Md Kep didampingi dr Ria menuturkan kegiatan ini sebagai upaya mengampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat. Gizi yang baik akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak menjadi optimal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barnabas SKm didampingi Kepala UPT Puskesmas Melak beserta Camat Melak dan Kasi Pendidikan Kecamatan Melak, serta Ketua DPC PERSAGI Kutai Barat.

Baca: PPNI Kubar Gelar Workshop Keperawatan, Ini Harapan Bupati Minta kepada Perawat

Baca: Gara-gara Pinjaman Online, Wanita Ini Diuber-uber Penagih Utang dan Kehilangan Pekerjaan

Dokter Ria menjelaskan masalah gizi bukan hanya kekurangan gizi, tetapi juga kelebihan gizi. Ini bisa dilihat dari beberapa permasalahan gizi yang terjadi saat ini di antaranya stunting, underweight, wasting, anemia pada ibu hamil, dan meningkatnya obesitas pada orang dewasa. Masalah ini jika tidak secepatnya diatasi akan menjadi beban di masa mendatang, karena menghambat produktivitas SDM.

Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan RPJMN 2015-2019 yaitu meningkatnya status kesehatan dan perbaikan gizi anak. Salah satu indikatornya adalah pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri.

Baca: Persija Jakarta Kalahkan Home United, Pundit Asing Puji Kontribusi Besar Riko Simanjuntak

Selain kegiatan minum bersama tablet tambah darah, dilaksanakan pula senam bersama dan promosi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) serta penyuluhan kesehatan mengenai Anemia and the Benefit of Fe.

Minum bersama TTD dimaksudkan untuk meningkatkan asupan gizi terutama zat besi pada remaja putri. Seperti diketahui, remaja putri rentan akan terjadinya anemia atau kurang darah, dikarenakan aktifitas, makan yang tidak teratur sehingga asupan gizi menjadi kurang. Ditambah dengan adanya menstruasi setiap bulannya.

Suplemen tambah darah ini sangat diperlukan, terutama untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta yang terpenting yaitu mencegah anemia.

Baca: Divonis Masuk Penjara Gara-gara Kasus Pajak, Jose Mourinho Ganti dengan Bayar Denda

Diharapakan dengan pemberian TTD ini akan meningkatkan status gizi anak terutama remaja putri dan lebih lanjut akan menurunkan angka kejadian anemia pada ibu hamil yang merupakan dampak lanjutan dari anemia pada remaja putri dan wanita usia subur. (hms10)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved