Kejuaraan Catur

80 Pecatur Mahasiswa dan Pegawai Negeri Bertarung di Kejuaraan Catur Mahasiswa Plus se-Kaltim 2019

melainkan juga ada peserta dari pegawai instansi pemerintahan se-Kaltim. Dari total 80 peserta, 45 pecatur dari mahasiswa dan sisanya 35 pecatur

80 Pecatur Mahasiswa dan Pegawai Negeri Bertarung di Kejuaraan Catur Mahasiswa Plus  se-Kaltim 2019
TRIBUN KALTIM/IMADUDDIN ABDUR RACHIM
Samarinda sukses mengantongi 6 emas dalam cabang olahraga catur di perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kalimantan Timur, Kutai Timur, Minggu (9/12/2018). 

80 Pecatur Mahasiswa dan Pegawai Negeri Bertarung di Kejuaraan Catur Mahasiswa Plus  se-Kaltim 2019

TRIBUNKALTIIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 80 pecatur bersaing dalam Kejuaraan Catur Mahasiswa Plus se-Kaltim 2019 yang berlangsung di Aula Dispora Kaltim pada 5 hingga 7 February 2019 nanti.

Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim ini dalam rangka HUT Provinsi Kaltim ke-62.

Rupanya tidak hanya mahasiswa dan mahasiswi saja, melainkan juga ada peserta dari pegawai instansi pemerintahan se-Kaltim. Dari total 80 peserta, 45 pecatur dari mahasiswa dan sisanya 35 pecatur dari pegawai.

Wakil Ketua KONI Provinsi Kaltim, Muslimin yang ikut membuka kejuaraan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kejuaraan tersebut.

Tambahnya, selaku pengurus KONI Kaltim, ia sangat mendukung dengan berbagai kegiatan kejuaraan yang menurutnya ini menjadi proyeksi kedepan untuk menyiapkan atlet Kaltim yang akan tampil dalam Kejurnas dan PON di Papua mendatang.

"Ini menjadi bagian dari pembinaan olahraga dan mengapresiasi perkembangan olahraga catur di Kaltim. Semoga bisa memberikan kontribusi positive untuk Kaltim menyiapkan atlet menuju PON di Papua," katanya, Selasa (5/2/2019).

Lebih lanjut, hasil dari kejuaraan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi KONI ataupun pengurus Percasi Kaltim melihat atlet berpotensi untuk kemudian dibina.

Karena menurut Muslimin, KONI Kaltim juga telah memberikan amanat kepada Percasi Kaltim untuk bisa menyumbangkan 3 emas dalam PON mendatang.

"Kalau ada yang berpotensi, kita bina untuk Pelatda PON, karena ini menjadi tanggung jawab besar bagi Pengprov Percasi, karena KONI telah memberi amanah untuk menyumbangkan 3 medali emas dalam pon nanti dan harus disiapkan jauh hari," jelasnya.

Sementara itu ketua harian Pengprov Percasi Kaltim, Akhmad Albert, Selasa (5/2/2019) mengatakan kejuaraan sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa. Terlebih menurutnya untuk meningkatkan berbagai aspek mulai dari kesabaran dan strategi bagi mahasiswa kedepannya.

"Kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan daya fikir, strategy, dan kesabaran. Kelihatannya saja ringan, tapi ini harus menyiapkan fisik dan mental," jelas Albert.

Tambah Albert, dengan mengajak pegawai negeri untuk menjadi peserta dalam kejuaraan ini, Albert berharap pegawai dan mahasiswa bisa saling berbagi informasi dan ilmu, karena menurutnya kejuaraan ini juga menjadi ajang silahturahmi.

"Plus itu maksudnya boleh juga untuk kalangan pegawai negeri. Sama-sama belajar dan saling membagi ilmu dalam catur," terangnya. (m03)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved