Berita Kaltara

Pemprov Kaltara Raih Predikat Baik LHE SAKIP 2018, Gubernur Apresiasi Kinerja Seluruh ASN

Pemprov Kaltara Raih Predikat Baik LHE SAKIP 2018, Gubernur Apresiasi Kinerja Seluruh ASN

Pemprov Kaltara Raih Predikat Baik  LHE SAKIP 2018, Gubernur Apresiasi Kinerja Seluruh ASN
IST/HUMAS
PREDIKAT BAIK - Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menerima LHE-SAKIP 2018 dengan predikat B dari Menteri PAN-RB Syarifuddin di Banjarmasin, Rabu (6/2). 

TRIBUNKALTIM.CO, BANJARMASIN - Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menghadiri sekaligus menerima penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE-SAKIP) 2018 di Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Rabu (6/2). Penyerahan LHE SAKIP 2018 dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

LHE-SAKIP Tahun 2018 yang dicapai pemerintah daerah, termasuk juga Provinsi Kaltara cukup menggembirakan. Pemprov Kaltara sendiri, predikat LHE-SAKIP 2018 adalah B. Atas capaian ini, Pemprov Kaltara berhasil mempertahankan perolehan LHE-SAKIP 2017, yang juga berpredikat B.

Sementara untuk Pemerintah Kabupaten/Kota di Kaltara ada beberapa yang mengalami kenaikan. Tiga kabupaten, yakni Malinau, Bulungan dan Nunukan meraih predikat CC. Sementara dua daerah lagi, yakni Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kota Tarakan meraih predikat B.

Baca: Terus Lakukan Reformasi Birokrasi, Pemkab Kubar Raih Predikat CC Laporan SAKIP 2018

LHE-SAKIP 2018 diserahkan langsung oleh Menpan-RB yang didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh.

Meski belum sesuai target, Gubernur mengapresiasi capaian predikat LHE-SAKIP tahun ini. Pun demikian, sejatinya Gubernur telah mematok target capaian SAKIP 2018 berpredikat A.

"Alhamdulillah, LHE-AKIP 2018 yang dicapai Pemprov Kaltara, meraih predikat B atau Baik. Meski masih sama dengan tahun sebelumnya, capaian ini patut kita syukuri. Apalagi bagi Kaltara sebagai sebuah provinsi baru. Selaku Gubernur saya memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Kaltara yang telah menunjukkan kinerja yang baik,"ungkapnya.

Penilaian ini, lanjut Irianto, menjadi ukuran, sekaligus bahan evaluasi bagi jajaran pemerintahan kabupaten di lingkup Pemprov Kaltara agar ke depan semakin baik kinerjanya. "Kita targetkan insyaallah LHE SAKIP tahun ini Pemprov Kaltara bisa mendapatkan predikat BB, atau bahkan A," kata Irianto usai menghadiri acara tersebut.

Penyerahan LHE-Sakip ini merupakan kali kedua pada tahun ini setelah sebelumnya Kemenpan-RB menyerahkan hasil evaluasi SAKIP untuk Wilayah I beberapa waktu lalu. Wilayah II ini meliputi 11 Provinsi dan 150 kab/kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta.

Baca: Prediksi dan Jadwal Pertandingan Barcelona Vs Real Madrid, Semifinal Copa del Rey

Tak terlepas dari itu, Gubernur juga menyampaikan arahan Menpan-RB pada acara tersebut. Dikatakan Irianto, Menpan-RB menyatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi upaya dan perjuangan para Gubernur, Bupati dan Walikota dalam menerapkan SAKIP di instansi pemerintahnya. "Mengubah mindset seluruh pegawai tidaklah mudah. Harus punya komitmen yang tinggi untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja yang baik," ujar Irianto.

Menpan juga menekankan, kinerja aparat pemerintahan harus semakin inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga akan cepat dan akurat menyentuh harapan masyarakat. Dengan penerapan SAKIP, terbukti mampu mencegah potensi pemborosan anggaran. Untuk Wilayah II ini anggaran yang dihemat melalui SAKIP mencapai Rp 22, 3 triliun, dan secara nasional tahun 2018 berhasil menghemat Rp 65,1 triliun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved