Berita Video

VIDEO - Ledakan Kapal di Samarinda, Dua Kapal Tenggelam dan Tiga Orang Luka Bakar

Selain KM Amelia yang hancur porak poranda akibat ledakan tersebut, KM Tanjung Mas yang baru sandar tak jauh dari lokasi juga terkena imbasnya.

VIDEO - Ledakan Kapal di Samarinda, Dua Kapal Tenggelam dan Tiga Orang Luka Bakar
TRIBUN KALTIM/CHRISTOPER DESMAWANGGA
Dua kapal tenggelam akibat ledakan yang berasal dari KM Amelia yang memuat ratusan tabung gas elpiji, Selasa (5/2/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - BUNYI ledakan dahsyat menggelegar terdengar di sekitar kawasan Sungai Kunjang, Samarinda sekitar pukul 21.00 Wita, Selasa (5/2). Ledakan terdengar hingga radius 5 Km lebih membuat warga sekitar panik. Bahkan sebagian warga berlarian mencari sumber suara menggelegar tersebut.

LEDAKAN dahsyat itu ternyata berasal dari kapal KM Amelia yang sandar di dermaga SI Mahakam, Jl KH Mas Mansyur, Samarinda yang memuat ratusan tabung gas elpiji.

KM Amelia direncanakan akan menuju Biduk-biduk, Berau. Informasi yang dihimpun Tribun, akibat ledakan tersebut tiga orang menjadi korban mengalami luka bakar. Saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit terdekat.

Baca: 1.500 Remaja Putri se-Kecamatan Melak Minum Bersama Tablet Tambah Darah, Ini Alasannya

Baca: Persija 2 Langkah Lagi Menuju Fase Grup Liga Champions Asia 2019, Kompetisi Tertinggi Antarklub Asia

Selain KM Amelia yang hancur porak poranda akibat ledakan tersebut, KM Tanjung Mas yang baru sandar tak jauh dari lokasi juga terkena imbasnya. KM Tanjung Mas sandar tepat di sebelah KM Amelia. Dua kapal kayu tersebut pun langsung tenggelam di Sungai Mahakam.

Tidak hanya dua kapal itu saja, dampak ledakan juga mengakibatkan dermaga tempat kapal itu sandar rusak berat. Bahkan puing-puing kapal juga berhamburan di sungai sekitar lokasi kejadian.

"Saat kejadian itu, saya sedang duduk bertiga bersama teman saya didekat kapal, jaraknya hanya 2 meter dari saya," ucap Halimin, salah seorang saksi yang berada tak jauh dari lokasi kejadian, Selasa (5/2).

"Setelah itu saya tidak tahu lagi, karena saya hanya fokus membawa istri saya ke tempat yang aman, sedangkan dua teman saya langsung keluar dermaga selamatkan diri," tuturnya.

Baca: Luis Milla Nikmati Akhir Pekan Bersama Legenda Barcelona Charles Puyol; Ini Aktivitas Mereka

Dia pun menjelaskan, saat kejadian itu sudah tidak ada aktivitas bongkar muat barang. Menurutnya, bongkar muat di KM Amelia telah selesai sejak sore hari tadi. Dan, saat kejadian itu anak buah kapal (ABK) tengah beristirahat di dalam kapal.

"Tidak ada aktivitas bongkar muat, sudah selesai sore tadi. Sejumlah ABK lagi istirahat di dalam kapal. Saya tidak tahu pastinya jumlah ABK yang ada di dalam kapal," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SPKT Polresta Samarinda, Iptu Hardi menjelaskan, saat ini terdapat tiga korban yang dirawat di rumah sakit. Pihaknya bersama dengan unsur terkait lainnya masih melakukan pencarian terhadap korban yang diduga ikut tenggelam bersama kapal.

Baca: TAYANG SEKARANG Live Streaming ILC tvOne Yang Terjerat UU ITE: Buni Yani, Ahmad Dhani, Siapa Lagi?

"Penyebab ledakan masih diselidiki, untuk sementara ini ada tiga korban dirawat. Untuk dugaan ada korban lainnya, kita masih lakukan pencarian untuk memastikan informasi itu," ungkapnya.

Untuk kapal, ada dua kapal yang tenggelam akibat ledakan itu. "Sementara itu dulu informasi yang bisa saya berikan," ucapnya singkat.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved