Kabar dari Kubar

BKAD Gelar Rekonsiliasi Data Barang Milik Daerah, Ini Harapan Kepala BKAD Kubar

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung BP3D digelar Pembukaan Rekonsiliasi Data Barang Milik Daerah

BKAD Gelar Rekonsiliasi Data Barang Milik Daerah, Ini Harapan Kepala BKAD Kubar
IST/HUMAS
BERBENAH - Wabup Kubar Edyanto Arkan (kiri pertama) didampingi Asisten 2 Sekkab Kubar Ayonius (kedua kiri) 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung BP3D digelar Pembukaan Rekonsiliasi Data Barang Milik Daerah Pemkab Kutai Barat Semester II Tahun Anggaran 2018. Acara tersebut dibuka Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah dan dihadiri Kepala Dinas dan Badan, Camat, Kepala Bidang dan Kepala Sub Bidang dan Bendahara Dinas atau Badan di lingkungan Pemkab Kutai Barat.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Kubar Sahadi dalam sambutannya mengatakan agenda rekonsiliasi data barang milik daerah ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) mendatang.

"Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses untuk mendukung penyelenggaran pemerintahan yang terkait dengan informasi atau data barang milik daerah," katanya.

Baca: TV5Monde asal Prancis Promosikan Pariwisata Kubar, Ini Potensi Wisata yang Diliput

Sahadi menjelaskan, aset daerah setiap tahun selalu diaudit, dan kita selalu membenahi agar ada peningkatkan. Sehingga pencatatan aset kita lebih baik lagi dapat disajikan ketika tim audit melakukan pemeriksaan.

"Saya berharap setiap OPD dapat meningkatkan kinerjanya terlebih khusus dalam hal ini adalah pencatatan, penggunaan sampai pada SPJ atau pelaporan barang milik daerah. Hal tersebut juga mempengaruhi opini WTP yang mana kita berharap Kubar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pencapaian opini BPK," ujar Sahadi.

Kepala Bidang Kekayaan dan Aset Rion menambahkan, rekonsiliasi aset bertujuan untuk sinkronisasi data sesuai dokumen. Kebutuhan barang milik daerah disesuaikan dengan anggaran. Rekon ini dilaksanakan mulai 28 Januari sampai 1 Februari diikuti Bendahara Barang Dinas, Badan, Kecamatan, UPT Kantor, UPT Puskesmas dan Rumah Sakit.

Baca: Pemprov Kaltara Raih Predikat Baik LHE SAKIP 2018, Gubernur Apresiasi Kinerja Seluruh ASN

Rion menyebutkan pihaknya sudah mengonfirmasi terkait RKBMD (Rencana Kerja Barang Milik Daerah) kepada masing-masing OPD sehingga sebagai pengelola nantinya dapat membuat dokumen RKBMD 2019. RKBMD inilah yang menjadi dasar daripada kebutuhan belanja yang di OPD masing-masing karena 2020 RKMBD akan diselaraskan agar sinergi jadi nantinya waktu permintaan barang. (hms11)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved