Musim DBD, Mahasiswa dan Pelajar Didorong jadi Jemantik di Rumah Tangga

Kepala Bidang P2P Dinad Kesehatan Kalimantan Utara Agust Suwandy menjelaskan, ada program pemerintah yang disebut 1R 1J alias 1 Rumah 1 Jumantik.

Musim DBD, Mahasiswa dan Pelajar Didorong jadi Jemantik di Rumah Tangga
(HO/DINKES KALTARA)
Salah seorang petugas Jumantik bersosialisasi pencegahan DBD di rumah warga. 

Musim DBD, Mahasiswa dan Pelajar Didorong jadi Jemantik di Rumah Tangga

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Kesehatan Kalimantan Utara mendorong dan akan mendukung mahasiswa dan pelajar menjadi tonggak pencegah penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) di daerah.

Kepala Bidang P2P Dinad Kesehatan Kalimantan Utara Agust Suwandy menjelaskan, ada program pemerintah yang disebut 1R 1J alias 1 Rumah 1 Jumantik. Jumantik adalah singkatan dari Juru Pemantau Jentik.

"Satu rumah diusahakan ada yang memegang tugas menjadi Jemantik. Teman-teman mahasiswa dan pelajar bisa memegang peran itu di keluarganya," kata Agust, Kamis (7/2/2019) dalam kegiatan 'Respons Kaltara' di Kedai 99 Tanjung Selor.

Hasil Tes Urine Negatif, THL RSUD Langsung Tandatangan Kontrak

Ledakan KM Amelia, Tiga Meninggal dan Dua Lainnya Masih Dirawat, Tim SAR Hentikan Pencarian

Dualisme Kadin, Donna Faroek Minta Gubernur Kaltim tak Akui Kadin Versi Sebelah

Selain memantau jentik nyamuk, Jumantik juga rutin melaporkan setiap minggu perkembangan jentik dengan form khusus untuk kemudian direkap di Kantor Desa.

"Tetapi perjalannya fluktuatif karena perilaku masyarakat kkadangaktif melaporkan kadang tidak. Mungkin saat ini semua masyarakat bergerak memantau jentik. Peran dari pelajar dan mahasiswa, paling tidak di rumah masing-masing atau di rumah tetangganya," ujarnya.

Ke depan Dinas Kesehatan mengajak mahasiswa bekerjasama untuk turun ke daerah-daerah demi mengedukasi masyarakat. Instansi itu juga siap mendukung materi, pendampingan, dan fasilitas lain untuk kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan DBD di Kalimantan Utara. (*) 

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved