Berita Video

VIDEO - Kunjungi Kodim 0909 Sangatta, Danrem 091/ ASN Disambut Upacara Tepong Tawar

Usai menyelesaikan ritual khas warga Kutai dalam menyambut tamu yang baru menginjakkan kakinya di tanah Kutai, Danrem beserta istri disambut barisan

VIDEO - Kunjungi Kodim 0909 Sangatta, Danrem 091/ ASN Disambut Upacara Tepong Tawar
Tribunkaltim/margaret
Komandan Resort Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakusuma (ASN), Brigjen TNI Widi Prasetijono beserta isteri Novita Permatasari berkesempatan mengunjungi Kodim 0909 Sangatta, Kamis (7/2/2019) 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Komandan Resort  Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Widi Prasetijono beserta isteri  Novita Permatasari berkesempatan mengunjungi Kodim 0909 Sangatta, Kamis (7/2/2019).

Kedatangan keduanya disambut upacara tepong tawar, yang merupakan upacara khas adat Kutai, bagi seorang tamu yang menginjakkan kakinya di tanah Kutai.

Di halaman Makodim, Danrem beserta istri ditemui tetua adat dan diberi cipratan air suci. Selanjutnya, diminta menapakkan kaki di atas buah kelapa yang sudah ditaruh telur di bagian atasnya.

Kasus DBD di Kalimantan Utara, 142 Positif dan 3 Meninggal Dunia

Pria di Sampingnya Tiba-tiba Telepon Gading Minta Bertamu, Gisel Langsung Histeris dan Salah Tingkah

Ada lima buah kelapa yang ditaruh berbaris di atas kain berwarna kuning.

Usai menyelesaikan ritual khas warga Kutai dalam menyambut tamu yang baru menginjakkan kakinya di tanah Kutai, Danrem beserta istri disambut barisan personel Kodim yang menyanyi sambil bertepuk tangan.

Di ujung barisan, sudah berdiri Bupati Ismunandar bersama jajaran FKPD Kutim.

“Saya orang baru di Korem 091/ASN. Kebetulan, baru pertama kali juga bertugas di Kalimantan Timur. Jadi, ingin memperkenalkan diri pada personel saya di daerah, kabupaten/kota. Termasuk di Sangatta. Jangan sampai, saat nanti bertemu, tidak tahu, kalau itu personel saya,” ungkap Widi.

Autodebet, Solusi Pembayaran Iuran JKN-KIS

Mundur dari Dirut Persija Jakarta, Gede Widiade Siap Beri Keterangan ke Satgas Antimafia Bola

Selain itu, Widi juga mengaku ingin mengenal daerah –daerah yang berada di wilayah hukum Korem 091/ASN.  Apalagi menurut pemaparan, Kutim memiliki luas satu kali Provinsi Jawa Barat ditambah Banten.

“Saya perlu tahu lebih jauh bagaimana masyarakat dan kondisi geografis tempat saya bertugas. Agar memiliki kesan dan wawasan saat dipindah lagi nanti,” ujar Widi.

Malam sebelumnya, Rabu (6/2/2019), Danrem 091/ASN  beserta istri serta jajaran Korem 091/ASN dan Kodim 0909 Sangatta, juga sudah bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Kasmidi Bulang di rumah jabatan.

“Wilayah kami luasnya lebih dari Provinsi Jawa Barat  ditambah Banten, sehingga bisa dibayangkan luasnya Kutim yang merupakan wilayah paling luas di Kalimantan Timur, Kutim sendiri merupakan hasil pemekaran Kabupaten Kutai  dan memiliki 18 kecamatan dengan 139 desa ditambah 11 desa  pemekaran dan 2 kelurahan,” jelas Kasmidi.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved