Wisata Kuliner

Warung Kopi Nusantara Hadirkan Sensasi Pedas Nasi Goreng Ikan Asin

Warung Kopi Nusantara menghadirkan sensasi pedas nasi goreng ikan asin

Warung Kopi Nusantara Hadirkan Sensasi Pedas Nasi Goreng Ikan Asin
TRIBUN KALTIM / RACHMAD SUJONO
Suasana warung kopi Nusantara di Balikpapan Baru yang ramai dikunjungi pelanggan. 

Warung Kopi Nusantara Hadirkan Sensasi Pedas Nasi Goreng Ikan Asin

Ada yang berbeda jika mengunjungi Warung Kopi Nusantara di jalan MT Haryono, kompleks Balikpapan Baru, kota Balikpapan. Selain menu utama berupa kopi yang disajikan secara tradisional, warung kopi ini memiliki pilihan makanan ‘berat’ yang terkesan merakyat.

TILIK saja, ada nasi goreng ikan teri, mie goreng, dan mie rebus. Semuanya disajikan secara sederhana. Tetapi, urusan rasa, menu-menu pilihan ini sanggup memanjakan lidah, karena punya cita rasa yang berbeda dari makanan kebanyakan.

Menurut sang pemilik, Didin Hamid, menu-menu ini merupakan masakan rumahan hasil racikan tangan sang istri. "Ketika diperkenalkan di warung, ternyata, pelanggan suka, karena rasanya berbeda dengan yang ada di tempat-tempat lain," tuturnya.

Nasi goreng ikan teri, misalnya. Ketika pertama kali disajikan di atas meja, yang pertama kali menjadi fokus adalah warnanya. Jika Anda familiar dengan nasi goreng yang berwarna cokelat kemerahan, maka nasi goreng ini warnanya adalah putih kecokelatan. Artinya, tidak diberi tambahan seperti kecap dan saos.

Warung Kopi Nusantara menghadirkan sensasi pedas nasi goreng ikan asin
Warung Kopi Nusantara menghadirkan sensasi pedas nasi goreng ikan asin (TRIBUN KALTIM / RACHMAD SUJONO)

Jika dilihat lebih teliti, akan tampak ulekan kasar bawang merah, disertai dengan cabai hijau. Dan tentu saja bukan nasi goreng ikan teri namanya kalau tidak ditaburi toping ikan teri yang telah digoreng hingga renyah. Ditambah dengan telur ceplok mata sapi, maka menu ini menjadi salah satu menu andalan si Warung Kopi Nusantara.

Dalam satu suapan, akan terasa semua rasa berpadu menjadi satu. Sedikit manis, pedas, asin dan gurih, disertai rempah-rempah pilihan yang tercium ketika makanan dikunyah. Tidak lupa sensasi renyah dari ikan teri juga menambah rasa nikmat dalam menikmati pilihan menu yang satu ini.

Anda takut kepedasan? Jangan cemas! Karena selain menyajikan kopi, warung ini juga menyajikan pilihan minuman segar dengan pilihan rasa unik, seperti es mentimun spesial.

Es mentimun ini berupa campuran parutan mentimun, sari jeruk nipis, dan tiga potong asinan buah plum kering.
Begitu diseruput, potongan mentimun segar yang telah diparut akan memberikan sensasi seperti jeli yang bisa dikunyah. Sedikit rasa asin dari plum kering juga akan memberi nuansa yang berbeda, ditambah dengan sedikit rasa asam dari jeruk nipis. Begitu segar dan pas untuk menghilangkan rasa pedas.

Untuk dapat menikmati nasi goreng ikan asin khas Warung Kopi Nusantara, Anda hanya perlu merogoh kocek senilai Rp 20 ribu per porsinya, sedangkan untuk es mentimun spesial dipatok dengan harga Rp 18 ribu untuk setiap gelasnya.

Halaman
12
Penulis: Christine
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved