Berita Video

VIDEO - LPIT Nurul Fikri Gelar Expo, Lomba Tahfidz Quran Tarik Minat 150 Peserta Anak-anak

"Dari lomba puzzle, mereka akan punya mind frame atau cara berpikir di mana sebelumnya dia melihat, berikutnya dia bisa menata," lanjutnya.

VIDEO - LPIT Nurul Fikri Gelar Expo, Lomba Tahfidz Quran Tarik Minat 150 Peserta Anak-anak
Tribunkaltim/ Christine
Peserta lomba Tahfidz Quran beraksi dalam LPIT Nurul Fikri Expo yang dilaksanakan di Pelataran Lotte Mart Balikpapan Selatan pada Minggu (10/2). Expo ini sendiri merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan, dan menarik minat 500 peserta anak-anak usia Paud hingga SD, yang mengikuti lomba-lomba seperti mewarnai, merangkai puzzle, termasuk juga tahfidz. 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christine

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Nurul Fikri Balikpapan, menggelar expo atau pameran dalam rangka memperkenalkan LPIT Nurul Fikri Balikpapan kepada masyarakat luas. Expo ini dilaksanakan di pelataran Lotte Mart, jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan pada Minggu (10/2).

Ketua DPW Nurul Fikri Indonesia Wilayah Kalimantan Timur, Chairil Anwar, mengatakan target kegiatan ini adalah untum membentuk anak-anak yang siap menjadi generasi pemimpin peradaban. 

Baca: Serius Jajaki Dunia Tinju, Khabib Nurmagomedov Buka Peluang Bertarung dengan Manny Pacquiao

"Ada tiga poin karakter mendasar yang ingin kita bangun dengan lomba-lomba yang kita adakan. Satu, menstimulan mereka agar lebih inovatif, kemudian yang kedua lebih kreatif, dan lebih sabar. Ini akan mereka dapatkan dalam semua jenis perlombaan yang diadakan," tuturnya.

Ada tiga jenis perlombaan yang dilaksanakan, yaitu lomba Tahfidz Quran, mewarnai, dan menyusun puzzle. Menurut Chairil, melalui lomba Tahfidz, anak-anak pasti akan terdorong untuk menjadi lebih sabar, jika pemahaman qurannya bagus, maka hasilnya pasti akan bagus pula. Dalam lomba mewarnai, selain butuh kesabaran, juga butuh imajinasi. Jika anak imajinatif, maka dia akan terus berinovasi, karena imajinasi, muaranya adalah inovasi.

"Dari lomba puzzle, mereka akan punya mind frame atau cara berpikir di mana sebelumnya dia melihat, berikutnya dia bisa menata," lanjutnya.

Sementara itu, ketua panitia expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan, Marwah Usmawanti, menilai sambutan dari orangtua murid atas keberlangsungan acara amat luar biasa. Terlebih, mengingat peserta berasal dari dalam dan juga luar sekolah.

"Awalnya target peserta kami tetapkan 300 anak, tapi ketika saat pendaftaran, jumlah peserta melampaui yang target, hingga berjumlah 500 orang lebih totalnya," ungkapnya. Peserta sendiri berasal dari anak-anak Paud, TK, dan SD di seluruh Balikpapan.

Uniknya, setiap peserta diizinkan untuk membawa pulang penghargaan sebuah piala. Pihak sekolah menyampaikan, bahwa ini merupakan apresiasi bagi anak atas keterlibatan mereka dalam kegiatan. Selain itu, juga memberikan rasa percaya diri terhadap anak, dan membuat mereka merasa upayanya dihargai.

Baca: VIDEO Link Live Streaming Tottenham Hotspur vs Leicester City di Liga Inggris, Tayang Sebentar Lagi

Kendati begitu, juara 1-harapan 3 dalam perlombaan, akan tetap mendapatkan penghargaan serta piagam dari pihak penyelenggara.

Halaman
12
Penulis: Christine
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved