150 Anak se-Balikpapan Ikuti Lomba Tahfidz Quran Expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan

150 Anak se-Balikpapan Ikuti Lomba Tahfidz Quran Expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan

150 Anak se-Balikpapan Ikuti Lomba Tahfidz Quran Expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan
TRIBUN KALTIM / CHRISTINE
Berbagai macan perlombaan digelar dalam rangka expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan. Selain lomba tahfiz Quran juga digelar lomba mewarnai. 

150 Anak se-Balikpapan Ikuti Lomba Tahfidz Quran Expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Nurul Fikri Balikpapan, menggelar expo atau pameran dalam rangka memperkenalkan LPIT Nurul Fikri Balikpapan kepada masyarakat luas. Expo ini dilaksanakan di pelataran Lotte Mart, jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan pada Minggu (10/2/2019).

Ketua DPW Nurul Fikri Indonesia Wilayah Kalimantan Timur, Chairil Anwar, mengatakan, target kegiatan ini adalah untum membentuk anak-anak yang siap menjadi generasi pemimpin peradaban.

"Ada tiga poin karakter mendasar yang ingin kita bangun dengan lomba-lomba yang kita adakan. Satu, menstimulan mereka agar lebih inovatif, kemudian yang kedua lebih kreatif, dan lebih sabar. Ini akan mereka dapatkan dalam semua jenis perlombaan yang diadakan," tuturnya pada Tribun Kaltim.

Ada tiga jenis perlombaan yang dilaksanakan, yaitu lomba tahfidz Al-Quran, mewarnai, dan menyusun puzzle. Menurut Chairil, melalui lomba tahfidz, anak-anak pasti akan terdorong untuk menjadi lebih sabar, jika pemahaman qurannya bagus, maka hasilnya pasti akan bagus pula. Dalam lomba mewarnai, selain butuh kesabaran, juga butuh imajinasi. Jika anak imajinatif, maka dia akan terus berinovasi, karena imajinasi, muaranya adalah inovasi.

Baca: SIT Nurul Fikri Balikpapan akan Adakan Seminar Parenting ‘Pengasuhan Anak Berbasis Kinerja Otak’

Baca: Pertamina MOR VI Kalimantan Tegaskan Tidak Ada Pembatasan Kuota BBM di Kota Balikpapan

Ketua panitia expo LPIT Nurul Fikri Balikpapan, Marwah Usmawanti, menilai, sambutan dari orangtua murid atas keberlangsungan acara amat luar biasa. Terlebih, mengingat peserta berasal dari dalam dan juga luar sekolah.

"Awalnya target peserta kami tetapkan 300 anak, tapi ketika saat pendaftaran, jumlah peserta melampaui yang target, hingga berjumlah 500 orang lebih totalnya," ungkapnya. Peserta sendiri berasal dari anak-anak Paud, TK, dan SD di seluruh Balikpapan.

Kepala Sekolah Nurul Fikri, Kusmiatun, juga mengungkapkan, rasa senang atas kegiatan kali ini. "Kita tidak mengira antusiasme peserta sangat luar biasa. Karena memang ini agenda tiap tahun. Ini adalah agenda kita yang ketiga. Yang pertama dulu kita laksanakan di Islamic Center, kemudian tahun kedua di Pasar Segar, dan ini yang ketiga. Dan Alhamdulillah, pesertanya dari tahun ke tahun semakin meningkat," tuturnya.

Pihaknya memang sengaja mengadakan expo untuk menarik masyarakat luas untuk mengenal Nurul Fikri sebagai sekolah IT. Sekolah ini memiliki kegiatan unggulan, yaitu Tahfid Quran. "Kita ingin lebih mengenalkan tahfidz agar anak-anak lebih cinta kepada Alquran. Dan saya senang sekali karena peserta Tahfidz tahun ini luar biasa, ada 150 peserta," ujarnya. (*)

Baca: DPRD Balikpapan Minta 10 Hari Kedepan Tidak Boleh Ada Antrean BBM di Semua SPBU di Balikpapan

Baca: PWI Balikpapan Gelar Diskusi Publik Soal Fasilitas Publik Perumahan

Baca: Miri Buang Sabu di Kandang Ayam Sebelum Ketangkap Tim Opsnal Resnarkoba Polres Balikpapan

Penulis: Christine
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved