Ada Tambahan 16 TPS di Kutai Kartanegara

Kotak suara cuma kurang 35 unit, yang lain sudah lengkap, yang sudah datang ke kami, yakni kotak suara, bilik dan tinta

Ada Tambahan 16 TPS di Kutai Kartanegara
tribunkaltim.co/aris joni
Kotak suara yang baru 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Ketua KPU Kabupaten Kukar Junaidi Samsuddin menyebutkan, ada tambahan 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilpres dan Pileg 2019 di Kukar. Sedangkan jumlah sebelumnya mencapai 2.194 TPS.

"Dulu, satu TPS terdapat 600 pemilih, sekarang satu TPS terdapat 300 pemilih," kata Junaidi dijumpai usai menghadiri rakor terkait daftar pemilih tambahan di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Jumat (8/2).

Ia mengatakan, tambahan ini dijumpai di Samboja 2 TPS, Muara Jawa 5 TPS, Anggana 2 TPS, Masimong 1 TPS dan Lapas 6 TPS. "Di Lapas Klas IIb Tenggarong terdapat 5 TPS dan Lapas Perempuan satu TPS," ujarnya.

Sedangkan logistik, seperti kotak, bilik suara dan kelengkapan pemungutan suara sudah ada di Kantor KPU Kukar, tinggal surat suara dan beberapa kelengkapan yang lainnya. Jumlah kotak suara mencapai 10.970.

"Kami masih kurang kotak dan bilik suara di 7 TPS, jumlahnya 35 kotak suara dan 14 bilik suara," tuturnya. Sedangkan proses pencetakan surat suara untuk DPRD Kukar di Sulawesi dan Jatim pada awal Maret ini. Surat suara akan disimpan di gudang KPU, sedangkan kotak dan bilik suara disimpan di gudang lain.

Kotak suara yang berbahan kedap air ini disimpan dalam bentuk masih kosongan, jadi kotak suara ini perlu tempat yang agak representatif untuk menjaga agar tetap aman, baik dari cuaca maupun kegiatan lainnya.

Sementara itu tumpukan kotak suara dari aluminium bekas pemilu sebelumnya di belakang gedung KPU bakal dilelang karena sudah tidak dipakai lagi. KPU akan memakai kotak suara yang sudah ada di Gudang KPU.

"Kotak suara cuma kurang 35 unit, yang lain sudah lengkap, yang sudah datang ke kami, yakni kotak suara, bilik dan tinta untuk persiapan Pilpres dan Pileg 2019," ujar Junaidi.

Ada perbedaan bahan kotak suara sekarang dengan sebelumnya. Jika kotak suara sebelumnya terbuat dari bahan aluminium, maka sekarang dari bahan kardus.

"Model kotak suara yang dulu tertutup murni, tapi kalau sekarang ada satu sisi yang tembus pandang atau transparan jadi bisa dilihat kalau nanti surat suara masuk ke kotak suara. Karena berbahan kardus kalau bisa kotak suara ini jangan sampai terkena hujan," ucapnya. Kotak dan bilik suara ini diproduksi oleh 4 perusahaan di Bekasi, Tangerang, Banten dan Jawa Timur. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved