Bocah Tunanetra Bisa Hafal Al Quran Bikin Kagum Wapres JK, Fahrul: Terima Kasih Puang!

Bocah Tunanetra Bisa Hafal Al Quran Bikin Kagum Wapres JK, Fahrul: Terima Kasih Puang!

Bocah Tunanetra Bisa Hafal Al Quran Bikin Kagum Wapres JK, Fahrul: Terima Kasih Puang!
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika ditemui di kantor wakil presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat 

TRIBUNKALTIM.CO - FAHRUL Amin (12), bocah tunanetra didampingi orangtuanya datang dari Dusun Palapi, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat memenuhi undangan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Rumah Dinas Wapres, Jl Diponegoro, Jakarta, Minggu (10/2). Wapres menyambut Fahrul Amin didampingi Ny Mufidah Jusuf Kalla.

SENYUM Fahrul Amin langsung mengembang ketika keluar dari kediaman dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla, Minggu (10/2) kemarin. Fahrul tak pernah lepas digandeng oleh ayahnya Muhammad Amin dan Ibunya Surapati.

Bocah ajaib, penghafal Al Quran ini memang seorang tunanetra sehingga hanya mengandalkan telinganya untuk mengetahui kondisi sekitar. Keluarga tersebut datang jauh dari Dusun Palapi, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat untuk memenuhi undangan dari Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Baca: Tarif Tiket Pesawat Mahal, Bagasi Berbayar, Penumpang Pilih Beralih Naik Kapal

Fahrul sempat melantunkan ayat-ayat Al Quran sambil menunggu kehadiran Jusuf Kalla, di ruang tamu. Tak ada rasa canggung sampai Jusuf Kalla dan Ny Mufidah Jusuf Kalla keluar menemui sang penghafal Al Quran itu.

Jusuf Kalla sempat minta Fahrul menunjukan kemampuan menghafal Al Quran di depan dirinya, cucu, dan kemenakannya. Fahrul melantunkan sejumlah surat di antaranya An-Nabba, Ar-Rahman, dan Yasin.

Meski tak membaca secara keseluruhan, Fahrul berhasil membacanya secara lancar. Perbincangan berlangsung hangat selama 30 menit. Fahrul tak canggung memanggil Jusuf Kalla menggunakan sebutan khas Sulawesi Selatan, 'Puang'.

Sesekali keduanya terlibat pembicaraan menggunakan bahasa daerah Sulawesi. Fahrul terlihat bertingkah layaknya cucu yang sedang bermanja-manja dengan kakek dan neneknya.

Fahrul terus menggerak-gerakkan kakinya yang bergantung di kursi, serta mencium amplop yang diberikan Ny Mufidah. "Terima kasih Puang," sambil meraih amplop dari tangan Ibu Mufidah.

Baca: Kapolda Kaltara Prihatin Angka Kecelakaan Tinggi yang Melibatkan Pengendara Kaum Milenial

Jusuf Kalla mengaku terkesan pada kemampuan Fahrul. Dari hasil perbincangan itu diketahui, Fahrul hobi mendengarkan lantunan Al Quran lewat ponsel sang ayah, lalu menghafalnya sendiri. Kontan saja cerita itu membuat kagum Jusuf Kalla.

"Secara ilmiah kan tidak bisa dijelaskan bagaimana anak yang hanya mendengar bisa hafal 30 juz dalam waktu 1 tahun lebih. Kalau bahasa sendiri (bahasa Indonesia) lebih mudah menghafal karena tahu tahu artinya," ujar Jusuf Kalla.

Bagi Kalla, kemampuan menghafal Al Quran perlu ditularkan untuk cucu dan kemenakannya yang langsung hadir dalam pertemuan itu. "Meski ada kekurangan, kalau ada kemauan dan hidayah pasti bisa," ujar Kalla saat disinggung alasannya menyuruh cucu-cucunya ikut menemui Fahrul.

Fahrul mengaku senang bisa bertemu Wakil Presiden dan akan terus belajar membaca Al Quran. "Iya senang, saya diberi nasihat agar terus belajar," katanya.

Baca: VIDEO Link Live Streaming Manchester City vs Chelsea di Liga Inggris, Pukul 23:00 WIB

Baca: Perahu Pecah Tabrak Batu dan Jeram, Satu Orang Hilang di Sungai Bahau Malinau

Ayah Fahrul, Muhammad Amin (48), mengatakan, hafalan yang dilakukan anaknya dilakukan tanpa guru mendamping. Sehari-hari, kata Amin yang bekerja sebagai petambak udang, Fahrul suka mendengarkan MP3 Al Quran.

"Iya sehari-hari dia sukanya mendengarkan itu (MP3 Alquran), tiap hari," kata Amin. Berkat kemampuan Fahrul, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin, memberikan hadiah memberangkatkan Fahrul dan keluarga umroh ke Tanah Suci.

Nama Fahrul Amin menjadi viral dan ramai dibicarakan di media sosial, saat kemampuan menghafal Alquran diunggah oleh tetangganya, Ariadman Arhy. (tribunnetwork/rin)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved