Kabar dari Kubar

Kuliner Kubar Menggugah Selera, Ahli Kuliner William Wongso Tertarik Tempoyak Duren Kubar

Kuliner Nusantara merupakan kebanggaan warga Indonesia. Di masing-masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik

Kuliner Kubar Menggugah Selera, Ahli Kuliner William Wongso Tertarik Tempoyak Duren Kubar
IST/HUMAS
PELUANG USAHA Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan memperkenalkan berbagai macam kuliner khas Kubar kepada William Wongso (baju kuning) selaku chef dan ahli kuliner nusantara serta Tim TV5Monde Prancis. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Kuliner Nusantara merupakan kebanggaan warga Indonesia. Di masing-masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh citra rasa. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya.

Tak hanya hasil alam yang melimpah, tetapi dari beragamnya suku sehingga menghasilkan kuliner yang menggugah selera. Salah satunya kuliner khas Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, seperti tempoyak duren atau masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasikan.

"Tempoyak ini, biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi," kata William Wongso selaku chef dan ahli kuliner nusantara di Rumah Jabatan Bupati Kubar, Kompleks Perkantoran Bupati, Barong Tongkok, Senin (4/2).

Baca: Pasar Olah Bebaya Melak Segera Difungsikan, 238 Lokal Dibagikan kepada Pedagang

Hal ini juga diakui Petit Xavier, salah satu Tim TV5Monde Prancis. Kuliner khas Kubar sangat enak dan menggugah rasa. "Apalagi masakan yang berbahan Ikan Jelawat (leptobarbus hoevenii) sangat lezat dan ikannya pun segar," ucapnya.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengapresiasikan dan terima kasih atas kunjungan William Wongso selaku chef dan ahli kuliner Nusantara bersama Tim TV5Monde sudah berkunjung di Kubar dan menikmati kuliner khas Kubar yang disajikan.

Kubar memiliki beragama kuliner. Salah satunya yang sudah dikenal di Indonesia adalah Bubur Jagaq dan Jelay. Apalagi sektor kuliner, dinilai sangat berpotensi dikembangkan menjadi usaha kuliner.

Baca: Hasil Tottenham Hotspur Menang 3-1 Atas Leicester City, The Spurs Dekati Puncak Klasemen

"Jika dikelola dengan baik, akan memberikan nilai tambah dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha," ucapnya. (hms6)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved