Ketua KPU Kaltara Duduki Kotak Suara Pemilu dari Bahan Duplex, Ini Hasilnya

Untuk memastikan kembali, Suryanata memperlihatkan dirinya tengah mencoba uji ketahanan langsung terhadap sejumlah kotak suara yang selesai dirakit.

Ketua KPU Kaltara Duduki Kotak Suara Pemilu dari Bahan Duplex, Ini Hasilnya
Tribunkaltim.co/ M. Arfan
Ketua KPU Kalimantan Utara menguji ketahanan surat suara berbahan duplex di gudang logistik KPU Bulungan di Dome Centre Tanjung Selor, Selasa (12/2/2019). 

Ketua KPU Kaltara Duduki Kotak Suara Pemilu dari Bahan Duplex, Ini Hasilnya

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNGSELOR - Saat memantau proses perakitan kotak suara di gudang logistik KPU Bulungan, Selasa (12/2/2019), Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami sempat melakukan uji beban terhadap kotak suara dengan cara menduduki dan menaiki.

Mantan Ketua KPU Bulungan ini menjelaskan, sesuai bahannya, duplex, kotak suara pemilu ini kedap air dan telah melalui uji ketahanan.

Untuk memastikan kembali, Suryanata memperlihatkan dirinya tengah mencoba uji ketahanan langsung terhadap sejumlah kotak suara yang selesai dirakit.

"Alhamdulillah, kuat. Mampu menahan beban. Jadi kualitasnya tidak diragukan," ujar Suryanata.

Kotak Suara Pemilu 2019 Mulai Dirakit di Kabupaten/Kota Kalimantan Utara

WNA Asal India Tewas di Kamar Hotel, Polisi Dapati Miras di Kamar Korban

Tersandung Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Masih bisa Perkuat Persija Hadapi Newcastle Jets

Setelah beberapa kotak suara dirakit, kemudian disusun bertingkat dan dialasi balok kayu. Tumpukan kotak suara juga ditutupi terpal untuk menghindari guyuran hujan.

"Kalau percikan-percikan air InsyaAllah aman. Akan tetapi kita tetap antisipasi supaya aman sampai pendistribusian nanti sampai dikembalikan untuk rekapitulasi," ujarnya.

Yang paling penting kata Suryanata ialah menjaga integritas penyelenggara pemilu dari tingkat atas sampai tingkat bawah demi memastikan keamanan kotak suara dan isi di dalamnya.

"Maka dari teman-teman dari pihak keamanan sudah berkomitmen untuk mengawal pendistribusian kotak suara sampai ke TPS sampai kemudian pengembalian untuk keperluan rekapitulasi," ujarnya.

Ketua KPU Kalimantan Utara menguji ketahanan surat suara berbahan duplex di gudang logistik KPU Bulungan di Dome Centre Tanjung Selor, Selasa (12/2/2019).
Ketua KPU Kalimantan Utara menguji ketahanan surat suara berbahan duplex di gudang logistik KPU Bulungan di Dome Centre Tanjung Selor, Selasa (12/2/2019). (Tribunkaltim.co/ M. Arfan)

Sebelumnya, Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Drs Indrajit melalui Karo Ops AKBP Prasodjo Wibowo mengatakan, pola pengamanan di sebanyak 2.183 TPS dilakukan dengan membaginya menjadi TPS Kurang Rawan, TPS Rawan, dan TPS Sangat Rawan. Jumlah personel yang dikerahkan untuk mengawal seluruh tahapan Pemilu 2019 sebanyak 1.611 orang. (*) 

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved