'Sebarkan' Beri Beasiswa Setahun kepada Puluhan Anak Yatim, Ajak Sedekah lewat Grup WA

'Sebarkan' Beri Beasiswa Setahun kepada Puluhan Anak Yatim, Ajak Sedekah Jumat lewat Grup WA

'Sebarkan' Beri Beasiswa Setahun kepada Puluhan Anak Yatim, Ajak Sedekah lewat Grup WA
IST
BERI BEASISWA - Organisasi sosial Sedekah Bareng Kaltim (Sebarkan) memberikan beasiswa selama setahun bagi puluhan anak yatim di Kota Samarinda, Senin (11/2) 

TRIBUNKALTIM.CO - SEMAKIN rajin bersedekah, semakin banyak juga yang terbantu dan membantu. Begitu pula yang dirasakan organisasi sosial 'Sedekah Bareng Kalimantan (Sebarkan)'.

Organisasi sosial ini rutin menggelar sedekah mingguan kepada anak yatim dan panti jompo. Kini, mereka berhasil memberi beasiswa setahun penuh pada 54 anak yatim piatu di Samarinda.

Bahkan, tahun 2019 ini, ada hamba Tuhan yang berniat menyumbangkan hartanya menggenapi beasiswa menjadi 100 orang dari duit pribadi.

Mulanya, Nurjaya, Ketua Koordinator Program Beasiswa Anak Yatim 'Sebarkan' bercerita, organisasi sosial ini berawal dari kepedulian dia bersama lima anggota lainnya. Berdiskusi lewat grup WhatsApp, mereka merancang sedekah tiap Jumat ke berbagai panti jompo di Kota Tepian.

Baca: VIDEO TEASER - Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Balikpapan Kecewa Tarif Kargo Pesawat Naik

Baca: Bayi Malang Ini jadi Korban Pertengkaran Ibu dan Ayah Tirinya, Dianiaya hingga Meninggal Dunia

Belakangan, kegiatan ini makin mendapat simpati dari banyak orang dari berbagai kalangan. Hingga akhirnya, terkumpul 200-an anggota yang tergabung dalam grup WA. Kegiatan sosial semakin intensif, tak hanya kaum dhuafa yang mereka bantu, berbagai korban bencana juga mendapat uluran bantuan dari 'Sebarkan'.

Berjalan setahun, akhir 2018 lalu, 'Sebarkan' mengadakan milad tahun perdana. Acara dirangkai sedekah bagi seribu anak yatim. Dananya berasal dari swadaya anggota. Acara berlangsung sukses, dan masih ada sisa saldo Rp 30 juta.

"Dari situ kami berpikir, dana itu diapakan, biar dana tepat sasaran pengurus rapat dan ditentukan, dana itu dijadikan beasiswa anak yatim," ujar Nurjaya ditemui Tribun di Jl Ramania No 5, Depot 3D, tempat mereka biasa berkumpul, Senin (11/2)

Awalnya, November 2018, ada 10 anak yatim mendapat beasiswa pendidikan bulanan. Nominalnya, Rp 250 ribu per bulan selama setahun. Jika ditotal, setiap anak dalam setahun menerima Rp 3 juta. Penerima bantuan berasal dari berbagai tempat di Kota Samarinda.

Untuk mendapatkan bantuan ini, pengurus 'Sebarkan' menyurvei kondisi keuangan keluarga dan lebih memprioritaskan pada anak yatim yang kurang mampu. Setelah program pertama berjalan sukses, makin banyak anggota grup 'Sebarkan' yang tertarik menjadi orangtua asuh.

Baca: VIDEO - Presiden Jokowi Tetap Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda Walau Belum Beroperasi

Syaratnya pun gampang, cukup menyetorkan donasi ke rekening khusus yang disepakati anggota. Tiap bulannya, orangtua asuh tinggal menyetor sebagian rezeki untuk beasiswa anak asuhnya. Nominalnya tergantung dari kesanggupan dan keikhlasan.

Halaman
12
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved