Berita Video

VIDEO - Pemilu Makin Dekat, Suryanata Turun Pantau Perakitan Kotak Suara

Kotak suara dan bilik suara sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah pada bulan November 2018.

VIDEO - Pemilu Makin Dekat, Suryanata Turun Pantau Perakitan Kotak Suara
Tribunkaltim.co/ M. Arfan
Ketua KPU Kalimantan Utara menguji ketahanan surat suara berbahan duplex di gudang logistik KPU Bulungan di Dome Centre Tanjung Selor, Selasa (12/2/2019). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kotak suara pemilu 2019 mulai dirakit di Bulungan. Proses serupa juga dilaksanakan di empat kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Utara.

Kotak suara dan bilik suara sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah pada bulan November 2018. Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami menjelaskan, perakitan kotak suara ini sengaja dilakukan lebih awal sekaligus untuk memeriksa kembali ada tidaknya kerusakan.

"Kita pastikan dulu ada tidaknya kotak suara yang rusak. Sementara ini belum kita rekap dari semua kabupaten/kota karena memang perakitan belum tuntas," kata Suryanata Al Islami kepada Tribunkaltim.co, Selasa (12/2/2019) saat meninjau proses perakotan di gudang logistik KPU Bulungan di Dome Centre Tanjung Selor.

WNA Asal India Tewas di Kamar Hotel, Polisi Dapati Miras di Kamar Korban

Jikalau ada temuan kotak rusak, Suryanata meminta KPU Kabupaten/Kota segera melapor kepada KPU Kalimantan Utara untuk dimintakan usulan kotak suara pengganti.

Kotak suara yang dirakit ini belum direkap berdasarkan daerah pemilihannya. Ketika surat suara datang dan sudah disortir, kemudian telah dibagi ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), baru selanjutnya seluruh peralatan logistik pada saat pemilihan maupun penghitungan suara akan dimasukkan ke dalam kotak suara.

"Setelah itu baru kita akan bagi per kecamatan dan dapilnya masing-masing, di mana sebelum proses pendistribusian, KPU kabupaten/kota akan kita minta untuk memanggil PPK untuk mengecek kembali kebutuhan-kebutuhan daerah/kecamatan mereka," ujarnya.

Tersandung Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Masih bisa Perkuat Persija Hadapi Newcastle Jets

Pengalaman pemilu lalu kata Suryanata, setelah KPU Kabupaten/Kota melalukan penyusunan surat suara berdasarkan DPT plus 2 persen, PPK dikinta menghitung ulang untuk memastikan ketepatan jumlah surat suara yang dialokasikan.

"Jangan sampai kurang dari DPT plus 2 persen yang diamanahkan oleh PKPU. Ini untuk mengantisipasi kesalahan jumlah, sehingga memerlukan proses penghitungan ulang. Di kabupaten, setidaknya butuh waktu 3 kali menghitung surat suara," ujarnya.

Jumlah kotak suara yang dialokasikan ke Bulungan untuk menghadapi pemungutan suara 17 April nanti sebanyak 2.280 buah.

Adapun jumlah daftar pemilih tetap di Kalimantan Utara berdasarkan catatan KPU Kalimantan Utara sebanyak 450.108 pemilih (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan II/DPTHP-2). Awalnya KPU menetapkan DPT sebanyak 429.338 pemilih.

Surat suara Pemilu 2019 yang terdiri atas Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota diperkirakan akan tiba pada akhir Februari dan atau awal Maret nanti.

"Kalau sudah siap, KPU RI akan menginformasikan lebih lanjut," ujarnya.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved