Hengkang dari Barcelona, Iniesta Kini Bisa Lebih Menikmati Sepak Bola

"Sekarang saya mencoba dan belajar untuk melihatnya dari sudut pandang yang berbeda," sambungnya.

Hengkang dari Barcelona, Iniesta Kini Bisa Lebih Menikmati Sepak Bola
AFP/LLUIS GENE
Andres Iniesta yang memainkan laga terakhirnya bersama La Blaugrana, melangkah ke luar lapangan saat laga antara Barcelona Vs Real Sociedad di Camp Nou , pada Minggu (20/5/2018) atau Senin dini hari WIB. 

TRIBUNKALTIM.CO - Eks kapten Barcelona, Andres Iniesta, mengungkapkan bagaimana dirinya bisa lebih menikmati sepak bola setelah memilih hijrah ke Jepang.

Andres Iniesta mengakhiri pengabdiannya selama hampir dua dekade bersama Barcelona saat memutuskan pindah ke klub Liga Jepang, Vissel Kobe, pada akhir musim lalu.

Sayangnya magis Iniesta belum terlihat. Melakoni debut saat Vissel Kobe menghuni posisi ke-6 di J1-League, Iniesta menutup musim perdananya dengan finis di peringkat ke-10.

Kendati demikian, Iniesta mengaku bahwa pengalamannya di Negeri Sakura tidak buruk-buruk amat. Dia bahkan mengaku ada hikmah yang didapatkannya.

"Di Spanyol, saya berada dalam tubuh dan jiwa yang kosong. Bermain sepak bola di negara asal sungguh berat di semua level, tidak hanya olahraga," tutur Iniesta.

"Tekanan bersama klub seperti Barcelona itu tinggi. Ketika saya memutuskan meninggalkan Spanyol, saya membebaskan diri saya dari tekanan tersebut.

"Di Spanyol saya tidak boleh membuat sebuah kesalahan, sementara di Jepang tekanannya berbeda. Saya masih bisa gagal, tetapi masih bisa bersenang-senang," sambungnya.

Iniesta membeberkan bahwa antusiasme fan sepak bola Jepang berbeda. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah cara suporter Jepang yang lebih 'kalem' dalam menyampaikan protes.

Baca juga:

Gagal Tampil di LCA 2019, Persija Jakarta Jumpa Klub Lama Marko Simic di Piala AFC

Halaman
12
Editor: Kholish Chered
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved