Menteri Ignasius Jonan Restui Kota Bontang City Gas Pertama di Kalimantan Timur

Menteri ESDM berkunjung ke Kota Bontang meresmikan jargas yang berjanji ke depan di tahun mendatang akan memenuhi kekurangan 12 jargas

Menteri Ignasius Jonan Restui Kota Bontang City Gas Pertama di Kalimantan Timur
TRIBUNKALTIM/ICHWAL SETIAWAN
Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi warga Rusunawa Api-Api, mencoba pemanfaatan Jargas di Rusunawa. Peresmian Jargas di Rusunawa Api-Api menggenapi jumlah Jargas di Bontang sebayak 16 ribu lebih sambunga yang telah terpasang. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Ichwal Setiawan

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Kabar gembira bagi warga Kota Bontang. Kementerian ESDM memastikan bakal memenuhi kekurangan 12 ribu Sambungan Rumah Jaringan Gas atau jargas rumah tangga di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur pada tahun depan.

Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengatakan total rumah yang telah tersambung jargas di Kota Bontang sebanyak 16.965 rumah yang tersebar di 14 Kelurahan seluruh Kota Bontang.

Bantuan Kementerian ESDM ini merupakan kali ketiga diterima Kota Bontang sejak tahun 2011 lalu. Hingga sekarang, Kelurahan Bontang Lestari di Kota Bontang jadi satu-satunya wilayah yang belum terkoneksi dengan jargas karena lokasi cukup jauh.

Lion Air JT714 Tergelincir, Seorang Penumpang Berang karena Kopernya Dibongkar dan Gembok Hilang

Menteri Ignasius Jonan Janji Tambah 100 Ribu Jargas Buat Kalimantan Timur

Unggah Foto Wasit yang Pimpin Laga Persija Vs Mitra Kukar, Krishna Murti: Pilih Jujur atau Ngaku?

Menurut Walikota Bontang Neni Moerniaeni sebagai daerah pengolah gas sejatinya kebutuhan jargas untuk Kota Bontang bisa terpenuhi. Ke depan, Walikota Bontang Neni Moerniaeni berharap Pemerintah Pusat bisa menggenapi kekurangan sambungan di seluruh rumah warga di Kota Bontang.

"Kita inginkan Kota Bontang jadi kota pertama city gas pertama di Kalimantan Timur tahun 2020," kata Walikota Bontang Neni Moerniaeni saat menyampaikan sambutan di hadapan Menteri ESDM yakni Ignasius Jonan.

Kisah Getir Sule Sebelum Sukses, Jual Ular Pemberian Denny Cagur demi Menyambung Hidup

7 Member BTS Masuk 10 Besar Reputasi Brand, Jimin BTS di Peringkat Pertama

Jadwal Lengkap Putaran Kelima Piala FA, Chelsea Bersiap Jamu Manchester United

Menanggapi pernyataan Walikota Bontang Neni Moerniaeni , Menteri Jonan memastikan tambahan pembangunan Jargas segera dikerjakan. "Saya janji sama Bu Wali paling lambat 2020 kita bangun 12 ribu lebih sambungan," kata Ignasius Jonan.

Ignasius Jonan sependapat dengan Walikota Bontang Neni Moerniaeni untuk memprioritaskan Bontang menjadi city gas di Kaltim menyusul daerah lain, Tarakan dan Prabumulih.

Representasi dari kehadiran Badak LNG harus bisa dinikmati secara nyata oleh warga Kota Bontang. "Masa ada Badak LNG di sini kotanya bukan city gas kan," kata dia.

Sekadar informasi, Jargas Kota Bontang mendapatkan suplai gas dari PT Pertamina Hulu Mahakam dengan alokasi sebanyak 0,2 Million Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD). Gas kota memiliki berat jenis ringan dan tekanan yang rendah sehingga dipastikan aman digunakan di Sambungan Rumah warga.

Mahasiswa Balikpapan Bakal Buat Aksi Lanjutan, Minta Ketua Dewan dan Walikota Bisa Temui Massa

Jelang Pemilu 2019, MUI Balikpapan Ingatkan Umat Islam Wajib Gunakan Hak Pilih

Kementerian ESDM menugaskan Pertamina melalui anak usahanya yakni Pertamina Gas dan Pertagas Niaga untuk membangun dan mengelola jargas Kota Bontang. Selanjutnya jargas yang telah selesai dibangun di Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan dan Bontang Barat akan segera dioperasikan secara bertahap. (*)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved