Mulai Hari Ini Pertamina Resmi Turunkan Harga Avtur

BBM berupa Bahan bakar avtur buat pesawat sudah resmi turun dilakukan oleh PT Pertamina hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM tahun 2019

Mulai Hari Ini Pertamina Resmi Turunkan Harga Avtur
Dok Tribunkaltim.co
General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI, Mohammad Irfan, memotong pita di depan armada pendistribusian avtur Jobber Berau, Senin (27/3/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - PT Pertamina Persero telah melakukan penyesuaian harga jual avtur bahan bakar Pesawat yang berlaku mulai hari ini di Indonesia pada 16 Februari 2019 ini.

Hal ini disampaikan oleh Media Communications Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menerangkan, harga baru avtur ini sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM No. 17/2019.

Keputusan itu mengenai Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian pesawat Udara.

Menteri Ignasius Jonan Restui Kota Bontang City Gas Pertama di Kalimantan Timur

Menteri Ignasius Jonan Janji Tambah 100 Ribu Jargas Buat Kalimantan Timur

Lion Air JT714 Tergelincir, Seorang Penumpang Berang karena Kopernya Dibongkar dan Gembok Hilang

Ia mengungkapkan Pertamina secara rutin mengevaluasi dan menyesuaikan harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan. Untuk periode 6 Februari 2019, harga avtur turun dibandingkan periode sebelumnya.

Sebagai contoh harga avtur (published rate) untuk Bandara Soekarno Hatta (Soeta) Cengkareng turun dari sebelumnya Rp 8.210 per liter menjadi Rp 7.960 per liter. Harga ini lebih rendah sekitar 26% dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura yang terpantau per tanggal 15 Februari 2019 sebesar Rp 10.769 per liter.

Ia melanjutkan penyesuaian harga ini dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah, dan faktor lainnya.

"Pertamina berharap penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata," kata Arya dalam siaran pers, Jumat (15/2).

Arya menambahkan harga jual avtur untuk setiap maskapai ditetapkan berdasarkan kesepakatan para pihak yakni antara Pertamina sebagai penyedia dan Maskapai penerbangan sebagai konsumen.

Ia menambahkan Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar pesawat udara di 67 bandara yang tersebar di Indonesia.

Tiket Pesawat Mahal dan Ada Bagasi Berbayar, Okupansi Hotel di Kaltim Masih Stabil

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id berjudul Pertamina menurunkan harga avtur mulai hari ini https://industri.kontan.co.id/news/pertamina-menurunkan-harga-avtur-mulai-hari-ini

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved