Tim Penggerak PKK Kubar Bina Kampung Unggulan di 16 Kecamatan

TP-PKK Kabupaten Kutai Barat terus berbenah, salah satu upaya yang terlihat adalah melalui pembinaan Kampung Unggulan di 16 kecamatan

Tim Penggerak PKK Kubar Bina Kampung Unggulan di 16 Kecamatan
IST/HUMAS
Tim Penggerak PKK Kutai Berat melakukan pembinaan terhadap kader PKK di 16 kecamatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - TP-PKK Kabupaten Kutai Barat terus berbenah, salah satu upaya yang terlihat adalah melalui pembinaan Kampung Unggulan di 16 kecamatan pada 2019.

Keberadaan Kampung Unggulan melalui binaan PKK Kabupaten dimaksudkan untuk menggerakkan para kader turut serta mengembangkan keterampilan warga, terlebih juga potensi yang ada di kampung tersebut baik dari sisi seni budaya bahkan penggerak ekonomi masyarakat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat dalam kesempatan terpisah mengatakan pembinaan Kampung Unggulan tersebut dari sektretariat dan seluruh pokja. Saat ini sudah dimulai oleh Pokja II.

Pasar Olah Bebaya Melak Terus Dibenahi, Wabup Minta Pasar Harus Selalu Rapi dan Bersih

"Saya berharap dengan adanya program ini 10 Program Pokok PKK dapat terimplentasi secara nyata sampai di kampung. Untuk tahun 2019 ini semoga koordinasi dapat terjalin semakin baik lagi sehingga antara Kader PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan serta Kampung dapat menyuskeskan ragam kegiatan untuk kesejahteraan keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Kresensia Rikam ditemui beberapa saat setelah menggelar pembinaan mengungkapkan pengurus PKK Kecamatan dan Kampung khususnya Pokja II sangat antusias mengikuti program kampung binaan.

"Mereka antusias mendengarkan penjelasan dan informasi yang kami berikan dan kami juga melakukan sharing tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para kader akan peran dan fungsi gerakan PKK di masyarakat. Harapan kita tentunya forum ini dapat modal setiap kader di kecamatan dan kampung dapat meningkatkan kemampuan yang mungkin selama ini belum terlihat," katanya.

Pangdam Mayjen TNI Subiyanto Lantik 178 Bintara Prajurit Karir, Begini Pesannya

Diharapkan, mereka memahami pentingnya pendidikan dalam keluarga bahkan keterampilan mengolah bahan makanan sehat, sebagai tanggungjawab dari PKK untuk menyosialisasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Saya ingin keberadaan PKK memberi manfaat ekstra. Oleh sebab itu kader PKK di kampung dan kecamatan aktif dan memiliki kepedulian terhadap sesama," ungkapnya.

Hal senada dijabarkan oleh Sekretaris Pokja II TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Epet Sari Lidya Rampan. "Saat kami melaksanakan pembinaan mereka memberikan respon yang positif dimana mereka mendukung kampung untuk dijadikan PKK percontohan.

Hingga saat ini kami sudah melakukan pembinaan di Kecamatan Siluq Ngurai (Bentas), Muara Lawa (Muara Lawa), Damai (Damai Kota), Bongan (Gusik), Barong Tongkok (Juaq Asa), Melak (Melak Ulu), Sekolaq Darat (Lelang), Penyinggahan (Penyinggahan Ulu), Muara Pahu (Tanjung Laong)," jelasnya.

Ada Kabar Arumi Bachsin Keguguran, Wagub Jatim Emil Dardak Kaget dan Langsung Kontak Dokter

Ketua TP-PKK Kecamatn Siluq Ngurai Ella Dewi Susanti menyebutkan banyak masukan yang diterima dalam pembinaan kali ini. Hal ini menjadi penyemangat bagi kader PKK, khususnya Kampung Bentas yang terpilih menjadi Kampung Unggulan yang dibina dan dipersiapkan sebagai PKK Percontohan.

"Kami terus membutuhkan arahan dan bimbingan dari PKK Kabupaten agar terciptanya sinergitas dalam menjalankan program dari organisasi yang kita junjung ini. Tentunya Kader PKK baik kecamatan dan kampung di wilayah Siluq Ngurai terus berupaya belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya demi kemajuan pemberdayaan kesejahteraan dalam keluarga," tandasnya. (hms)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved