Jaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Wanita, Jangan Suka Menahan Buang Air Kecil

Seringnya disepelekan, kandung kemih juga perlu dijaga kesehatannya, lho! Terlebih bagi Anda wanita, Anda lebih mudah terkena infeksi saluran kencing

Jaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Wanita, Jangan Suka Menahan Buang Air Kecil
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - KESEHATAN kandung kemih bagi wanita cukup penting. Anda mungkin sudah rajin menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ tubuh bagian atas lainnya, namun bagaimana dengan organ tubuh bagian bawah seperti kandung kemih? Seringnya disepelekan, kandung kemih juga perlu dijaga kesehatannya, lho! Terlebih bagi Anda wanita, Anda lebih mudah terkena infeksi saluran kencing daripada pria. Lantas, apa saja yang harus dilakukan para wanita untuk menjaga kesehatan kandung kemih? Intip rahasianya berikut ini.

Cara menjaga kesehatan kandung kemih bagi wanita
Sama seperti organ tubuh lainnya, Anda juga wajib menjaga kesehatan kandung kemih. Sebab jika tidak, bakteri yang berhasil masuk ke uretra dapat menginfeksi saluran kencing. Bahkan jika tidak cepat-cepat ditangani, bakteri tersebut akan terus naik ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, yuk jaga kesehatan kandung kemih sedini mungkin. Berikut caranya.

1. Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Bila selama ini Anda termasuk orang yang sering menahan buang air kecil, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Buang air kecil membantu Anda untuk membuang bakteri, tapi jika Anda menahannya, maka bakteri yang seharusnya dibuang akan kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

Terlebih, wanita sangat rentan terhadap infeksi saluran kencing. Kondisi ini tentu akan semakin parah kalau Anda terus-terusan menahan kencing.

Setiap kali hasrat ingin buang air kecil muncul, segeralah pergi ke kamar mandi dan keluarkan hingga tuntas. Perhatikan juga cara Anda membersihkan organ intim, yaitu dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke uretra yang bisa memicu infeksi saluran kencing.

2. Jaga berat badan

Jill Maura Rabin, MD, seorang kepala uroginekologi di Long Island Jewish Medical Center di New York, mengungkapkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih lebih berisiko mengalami inkontinensia urin (susah menahan kencing).

Semakin bertambah berat badan Anda, maka timbunan lemak dalam tubuh akan terus menekan kandung kemih. Akibatnya, urin akan semakin terdesak dan membuat Anda susah mengendalikan hasrat buang air kecil.

Halaman
123
Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved