Pilpres 2019

Serikat Petani Tuding Prabowo Subianto Dianggap Capres Tak Jelas Soal Reforma Agraria

Serikat Petani Indonesia menuding Prabowo Subianto sebagai capres nomor dua tidak memiliki konsep jelas soal reforma agraria begini alasannya

Serikat Petani Tuding Prabowo Subianto Dianggap Capres Tak Jelas Soal Reforma Agraria
Tribun Kaltim/M Arfan
Seorang petani sedang memanen padi dengan cara tradisional di Jl. Sabanar Lama, Tanjung Selor (Kaltara) beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Keberadaan capres nomor dua Prabowo Subianto dituding tidak memiliki konsep yang jelas mengenai reforma agraria. Ini disampaikan Serikat Petani Indonesia atau SPI yang sebutkan Prabowo Subianto belum terlihat akan gagasan soal reforma agraria di Indonesia.

Melalui Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih mengatakan, Prabowo Subianto tidak memiliki perhatian besar terhadap pelaksanaan reforma agraria.

Menurutnya, Prabowo Subianto tidak punya konsep yang jelas tentang reforma agraria. Saat debat capres dalam pemilu 2019 tidak terlihat nampak.

Adian Napitupulu Sindir Prabowo Subianto soal Unicorn Dia Tidak Tahu atau Bingung

Rayakan HUT ke 62, Semua Lini Usaha Bisnis Astra Group Samarinda Tumbuh Positif

Vivo V15 Dipromosikan di Indonesia, Ada Kamera Selfie Pop-up dan Sederet Fitur Mentereng Lainnya

Henry menjelaskan, penguasaan luas lahan Prabowo Subianto jumlahnya sangat besar berbanding jauh dengan kepenguasaan tanah mayoritas masyarakat di Indonesia yang jumlahnya di bawah 0,5 hektar.

“Bagaimana Prabowo Subianto akan melakukan reforma agraria jika ia sendiri adalah salah satu orang yang menguasai ratusan ribu hektar tanah di berbagai wilayah di Indonesia, yang justru menyebabkan ketimpangan kepenguasaan agraria,” tegas Henry dalam keterangannya kepada pers, Selasa (18/2).

Henry menegaskan, hal tersebut semakin memperkuat sikap SPI untuk terus mendukung Jokowi agar reforma agraria dapat dilanjutkan dalam lima tahun ke depan.

Termasuk penyelesaian konflik agraria yang masih berlangsung melalui Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2018, sehingga petani dapat meningkat kesejahteraannya dan kedaulatan pangan pun terwujud.

Hadapi Pemilu 2019, Polri Galakkan Safari Sholat Subuh Rangkul Persatuan Umat

Fakta dan Daftar Perusahaan Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh 

Sebelumnya, Henry mengatakan Jokowi akan terus melanjutkan reforma agraria dalam masa pemerintahannya ke depan.

Reforma agraria yang diupayakan itu menuju tatanan baru dengan struktur yang bersendi kepada keadilan agraria.

Menurutnya, Reforma Agraria merupakan mandat dari Pasal 33 UUD 1945 yang kemudian dituangkan ke dalam UU Pokok Agraria No. 5 tahun 1960.

Selama masa kepemimpinan Jokowi, kebijakan reforma agraria telah dilaksanakan. Sementara Prabowo Subianto belum tahu.

Pemerintahan Jokowi telah mendistribusikan lahan ke petani kecil dan masyarakat adat dan akan terus melanjutkan kebijakan ini pada masa pemerintahannya yang akan datang.

Pemerintahan Jokowi telah mendistribusikan lahan ke petani kecil dan masyarakat adat dan akan terus melanjutkan kebijakan ini pada masa pemerintahannya yang akan datang. (Hasanudin Aco)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Prabowo Dinilai Tak Punya Konsep yang Jelas Mengenai Reforma Agraria. Dan telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Serikat Petani sebut Prabowo tak punya konsep jelas reforma agraria" https://nasional.kontan.co.id/news/serikat-petani-sebut-prabowo-tak-punya-konsep-jelas-reforma-agraria

Ini Permintaan Bupati Kutai Kartanegara di Rakor Bappeda se-Kaltim

Editor: Budi Susilo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved