Denda Pajak Kendaraan Dinas Pemkab Malinau Terus Berjalan

Selanjutnya, kami akan berupaya memasukkan surat untuk penagihan pajak kendaraan kepada Pemkab Malinau

Denda Pajak Kendaraan Dinas Pemkab Malinau Terus Berjalan
Ilustrasi

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Sama dengan penindakan terhadap pemilik kendaraan umum, kendaraan dinas juga akan dikenakan denda apabila melewati masa pembayaran pajak kendaraan. Sehingga, kendaraan dinas yang tertunggak pembayarannya sejak tahun 2009 lalu menanggung biaya yang cukup besar. Sebab, selain denda, kendaraan tersebut juga harus membayar pajak yang telah dibebankan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Membayar pajak ini bersifat paksaan. Apabila tidak dibayarkan secara tepat waktu, maka akan ada sanksi berupa denda dan sanksi-sanksi lainnya. Untuk menghindari itu semua, seharusnya pemilik kendaraan harus bayar pajak tepat waktu. Dan ini berlaku kepada kendaraan milik pribadi atau milik pemerintah," ujar Kepala Seksi Pembukuan dan Penagihan Samsat Malinau, Abdul Karim.

Sebelum melakukan pendataan kepada seluruh kendaraan dinas, Karim mengungkapkan, pihaknya telah terlebih dahulu mengirimkan surat kepada Pemkab Malinau untuk meminta data dan laporan kepemilikan kendaraan dinas. Namun, berbulan-bulan ditunggu oleh Samsat Malinau data tersebut belum juga disampaikan.

"Banyak hal mungkin yang membuat hal itu terjadi. Sehingga, kami berinisiatif melakukan pendataan sendiri dengan menyurati seluruh OPD di Malinau untuk melaporkan kepada kami soal jumlah kendaraan dinas yang digunakan oleh OPD tersebut. Cukup lama juga kita menghimpun data itu semua, dan akhirnya kita mendapati jumlah kendaraan dinas milik Pemkab Malinau," paparnya.

"Jadi, kami melakukan pendataan satu persatu sampai semuanya selesai. Selanjutnya, kami akan berupaya memasukkan surat untuk penagihan pajak kendaraan kepada Pemkab Malinau. Semoga saja, tahun ini seluruh tagihan tersebut dapat dilunasi. Tapi, sebelum itu semua kami akan melakukan koordinasi terlebih dahulu," lanjutnya. (*)

JUMLAH DAN JENIS KENDARAAN DINAS MALINAU
Jenis Jumlah
* Sedan 1 Unit
* Jeep 10 Unit
* Minibus 164 Unit
* Bus dan Micro Bus 26 Unit
* Pick-Up dan Truck 190 Unit
* Alat-Alat Berat 0 Unit
* Sepeda Motor 1.622 Unit
* Jumlah 2,013 Unit (ink)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved