Masih Muda Tapi Ubanan? Ini Cara Mengatasinya

RAMBUT putih atau uban biasanya banyak kita dapati pada orang tua. Namun, karena beberapa penyebab usia muda pun sudah ubanan.

Masih Muda Tapi Ubanan? Ini Cara Mengatasinya
Ilustrasi

TRIBUNKALTIM.CO - RAMBUT putih atau uban biasanya banyak kita dapati pada orang tua. Namun, karena beberapa penyebab usia muda pun sudah ubanan. Hal ini tentu saja bikin Anda jadi kurang percaya diri karena membuat Anda tampak lebih tua.

Bagaimana tidak, rambut adalah mahkota bagi setiap orang yang turut menentukan penampilan Anda di depan banyak orang. Lantas, jika telanjur muncul, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi uban di usia muda?

Kiat jitu mengatasi uban di usia muda
Bukan cuma karena rambut kering atau bercabang saja yang bikin resah, perubahan warna rambut yang jadi putih alias ubanan juga bikin kita jadi kurang percaya diri. Pasalnya, rambut yang memutih termasuk salah satu tanda penuaan yang biasanya muncul di usia 30 tahun ke atas.

Namun pada kasus ini, Anda mengalami ubanan dini alias ubanan sebelum waktunya. Anda pun jadi bertanya-tanya, apakah bisa mengatasi ubanan di usia muda?

Jawabannya adalah bisa. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi uban di usia muda, yaitu:

1. Perbanyak asupan vitamin dan mineral

Coba perhatikan lagi pola makan Anda akhir-akhir ini, apakah Anda kurang asupan vitamin atau mineral? Jika iya, tak heran kalau Anda mengalami uban di usia muda.

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting dalam pigmentasi rambut, di antaranya vitamin B12, vitamin D, tembaga, zat besi, dan asam folat. Ketika Anda kekurangan asupan vitamin dan mineral tersebut, warna pigmen rambut akan memudar dan berangsur-angsur memutih.

Kekurangan vitamin B12, atau dikenal juga dengan anemia pernisiosa, sering dikaitkan dengan penuaan dini. Ini karena vitamin B12 berperan penting untuk membantu menjaga sistem saraf Anda tetap sehat serta memproduksi DNA dan RNA.

Semakin sedikit asupan vitamin B12, maka sel-sel rambut jadi melemah dan mempercepat ubanan sebelum waktunya. Efek yang sama juga akan terjadi jika Anda kekurangan zat besi dan asam folat.

Halaman
123
Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved