Serum Wajah Seberapa Penting untuk Kulit Kita? Ini 5 Hal yang Harus Anda Tahu

TERNYATA menggunakan pelembab, rutin scrub dan cuci muka pun tak cukup untuk kebutuhan kulit kita.

Serum Wajah Seberapa Penting untuk Kulit Kita? Ini 5 Hal yang Harus Anda Tahu
Copyright shutterstock.com
Memakai serum wajah

TRIBUNKALTIM.CO - TERNYATA menggunakan pelembab, rutin scrub dan cuci muka pun tak cukup untuk kebutuhan kulit kita. Anda bisa memberikan lebih banyak lagi kebaikan untuk kulit dengan hanya menambahkan satu produk ke dalam ritual perawatan kulit Anda: serum wajah.

Tidak yakin apa guna dari sebotol kecil serum wajah untuk kecantikan Anda? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa itu serum wajah?
Serum wajah adalah sebotol kecil gel eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap wajah biasa.

Eliksir kecantikan ini khusus menargetkan isu-isu kulit yang lebih spesifik, misalnya mendorong regenerasi kulit, mencerahkan, melawan keriput, jerawat, noda hitam dan hiperpigmentasi, atau rona wajah yang tidak merata.

Sementara itu, lotion wajah memiliki tekstur yang lebih kental dan kaya, yang pada dasarnya berfungsi menyediakan kelembapan dan mencegah penguapan air dalam kulit. Beberapa produk pelembab dapat memiliki komposisi tambahan, misalnya anti-penuaan dini, guna menawarkan jangkauan jasa yang lebih luas. Namun, untuk lebih dalam menangani masalah kulit membandel, Anda membutuhkan pertolongan dari ahlinya — serum wajah.

Apa bedanya serum dengan pelembap?
Anda mungkin menyadari bahwa sebotol serum berukuran jauh lebih kecil dari sebuah pelembap wajah biasa. Bahan-bahan aktif inilah yang memiliki peran besar dalam menentukan perbedaan ukuran antara sebuah serum wajah dengan pelembap wajah pada umumnya. Dalam sebotol kecil serum, struktur molekul dan persentase bahan aktif yang terkandung lebih kaya dan sangat terkonsentrasi daripada kandungan bahan aktif dalam pelembap. Makanya, harga sebotol kecil serum tergolong sedikit di atas rata-rata sebuah pelembap wajah.

Perbedaan terbesar antara serum dan pelembab wajah adalah formulasi yang ada dan tidak ada di keduanya. Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif, alias kedap udara, seperti petrolatum atau mineral oil yang melindungi air dari penguapan. Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian.

Kebanyakan produk serum wajah berbahan dasar air, menghilangkan unsur minyak sama sekali yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Serum wajah cocok untuk kulit berminyak
Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, serum wajah dapat menyediakan segala kebaikannya demi kulit sehat tanpa campur tangan minyak, yang umum ditemukan pada pelembap wajah. Artinya, kini Anda memfokuskan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat kapiler pecah, noda hitam, dan isu-isu kulit umum lain tanpa harus mencemaskan kelebihan minyak.

Namun begitu, bukan berarti Anda yang berkulit normal atau kering sekalipun tidak bisa atau tidak boleh menggunakan serum. Hampir setiap orang dapat menuai manfaat dari serum wajah. Anda hanya butuh mencari jenis serum yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Halaman
12
Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved