Ada Satelit Nusantara Satu, Akses Internet Siap Meluas Sampai Pelosok

Satelit Nusantara Satu punya Indonesia kabarnya akan menguatkan sinyal internet sampai pelosok daerah. Nantikan efektvitas Satelit Nusantara Satu ini.

Ada Satelit Nusantara Satu, Akses Internet Siap Meluas Sampai Pelosok
Tribunkaltim.co/ilo
Ilustrasi - Satelit beredar di jagad luar angkasa. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA  - Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Heru Dwikartono mengatakan Satelit Nusantara Satu akan digunakan untuk keperluan Pemerintah yang akan menyebarluaskan internet ke berbagai Desa di Indonesia. 

Satelit tersebut juga digunakan untuk memperkuat layanan ritel PSN melalu produk Ubiqu dan Sinyalku.

Pria Ini Kaya Raya Usai Temukan Sekumpulan Berwarna Coklat Kemerahan, Lebih Mahal dari Emas

Joko Driyono Belum Jelaskan Bukti Transfer dan Buku Tabungan di Apartemennya

Bu Ani Yudhoyono Dilarang Minum Air yang Telah Dibuka Lebih dari 2 Jam, Maafkan Saya Merepotkan

Ubiqu merupakan produk utama PSN untuk melayani kebutuhan internet di Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat. 

Heru menjelaskan, saat ini sudah sekitar tiga ribu desa telah terkoneksi dengan Ubiqu. Diharapkan akhir 2019 nanti 10 ribu desa bisa terkoneksi Ubiqu dan sekitar 2020-2021 25 ribu desa telah terkoneksi.

Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat, BMKG Minta Pemda Waspada, Salah Satunya Kaltim!

Bawaslu Butuh Ribuan PTPS, Rekrutmen Dibuka hingga 24 Februari, Ini Cara Ambil Formulir 

Hanya dengan Lakukan Hal Sederhana, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan hingga 91 Kg 

"Kami memiliki Ubiqu dan Sinyalku dengan cakupan mulai dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua, dari ujung utara Sulawesi hingga ujung selatan Nusa Tenggara,” tutur Heru.

Heru mengatakan, Ubiqu yang menggunakan satelit dapat dipasang di mana saja di seluruh Indonesia, baik di kota, di desa, daerah pegunungan, kepulauan, bahkan dapat melayani hingga ke daerah pelosok atau remote area.

Satelit Nusantara Satu merupakan satelit broadband pertama di lndonesia dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS).

Dan diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat menggunakan roket Falcon 9 dari Space X menuju slot orbit 146° BT tepat di atas Papua, Indonesia.

Berikut Ini 7 Alasan Kenapa Harus Tidur Miring Kiri, Penjelasan Ilmu Medis

KPU Kaltim Minta Bantuan Polda Percepat Bongkar Muatan Logistik di Pelabuhan

Peluncuran Satelit Nusantara Satu disaksikan Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ada juga perwakilan Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, dan seluruh pemangku kepentingan PSN yang hadir di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, 21 Februari 2019 waktu setempat.

Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band serta 8 spot beam Ku-band dengn total kapasitas bandwidth mencapal 15 Gbps. 

Cakupan C-band dan Extended C-band satelit tersebut meliputi wilayah Asia Tenggara, sementara untuk Ku-Band meliputi seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari 8 Spot Beam pada sistem HTS. ( )

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Punya Satelit Baru, PSN Siap Perluas Akses Internet ke Pelosok, http://www.tribunnews.com/techno/2019/02/22/punya-satelit-baru-psn-siap-perluas-akses-internet-ke-pelosok.
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin

Editor: Budi Susilo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved